6 Tips Agar Baterai Android Awet dan Tidak Cepat Habis | Favorite Computer

Cara Agar Baterai Android Tahan Lama. Bagi Anda sebagai pengguna Android, baterai merupakan salah satu benda yang berperan penting. Keawetan baterai menjadi hal utama dalam penggunaan Android. Smartphone yang canggih dengan dukungan segala fitur-fitur serasa kurang mantap jika batrenya cepat habis.

Image by www.Moblietechbase.Com

Mungkin Anda akan merasa kesal jika sedang asyik memainkan smartphone atau sedang digunakan disaat keadaan darurat, Android Anda tiba-tiba low battery atau baterainya cepat habis. Tentu saja disaat keadaan seperti itu Anda harus menchargenya agar hp anda tetap menyala dan bisa digunakan.

Nah, dari kasus diatas tentu saja timbul pertanyaan dalam diri kita, bagaimana cara agar smartphone atau hp android awet dan tidak cepat habis? Disini Saya akan membagikan tips kepada Anda semua pengguna Android tentang cara agar baterai Android awet dan tidak mudah low battery.

1. Jaga suhu ponsel agar selalu tetap dingin

Salah satu penyebab baterai cepat habis adalah hp terkena suhu panas, ada kemungkinan daya tahan melemah bahkab bisa menyebabkan baterai smartphone Android Anda cepat rusak. Jadi disarankan agar selalu menjaga suhu ponsel. Jangan biarkan ponsel Android Anda terkena sinar matahari langsung, disarankan agar hp Android Anda selalu berada dalam suhu kamar. Penyebab lainnya suhu ponsel cepat panas adalah kita terlalu sering memainkan hp berjam-jam.Jika berada diluar ruangan lebih baik hp disimpan saja didalam tas jangan terlalu sering dikeluarkan agar baterai Anda awet.

2. Turunkan Brightness Layar & Screen Timeout

Brightness yang tinggi adalah galat satu faktor penyebab baterai ponsel Anda cepat habis,. Karenanya, penting buat menurunkan brightness atau taraf kecerahan dalam layar ponsel Android Anda. Perlakuan ini dipastikan akan menambah daya tahan baterai Anda.

Dalam menurunkan brightness atau tingkat kecerahan, Anda nir perlu menurunkan sampai total seluruhnya. Cukup sedikit menurunkan brightness hingga layar terlihat nyaman dimata Anda.

Selain menurunkan brightness atau taraf kecerahan, setting screen time out juga perlu Anda perhatikan. Screen time out dalam ponsel Android berfungsi buat mengatur berapa lama layar Android akan menyala pada saat nir disentuh.

Ada baiknya bagi Anda yg memakai ponsel Android buat mempersingkat screen time out, sebagai akibatnya layar akan segera mangkat saat tidak disentuh dan tentunya akan memperpanjang umur baterai.

Tiga. Gunakan power saving mode & matikan vibrasi

Jika dalam ponsel Android Anda mengaktifkan power saving mode, maka dia akan melakukan beberapa teknik buat menghemat baterai. Misalnya akan mematikan beberapa koneksi misalnya Wifi atau bluetooth, & juga akan menurunkan taraf kecerahan layar.

Mengaktifkan power saving mode memiliki pengaruh yang penting dalam menjaga performa baterai Android Anda. Jadi disarankan untuk mengaktifkan power saving mode disaat baterai Android Anda sudah terlihat lemah atau low battery.

Hal berikutnya yg wajib Anda lakukan dalam ponsek Android adalah menggunakan mematikan vibrasi. Mengaktifkan mode vibrasi atau getaran disaat ada panggilan atau notifikasi lainnya cukup memakan daya tahan baterai. Jika nir dipakai, disarankan mode vibrasi atau getaran pada non aktifkan saja.

4. Matikan koneksi yang nir terpakai.

Pada hp Android umumnya terdapat menggunakan banyak sekali fitut konektivitas. Fitur tadi merupakan Wifi, Bluetooth & pula GPS. Dari fitur tersebut dapat menurunkan daya tahan baterai dalam smartphone Android Anda.

Ada baiknya dari ketiga fitur tersebut pada nonaktifkan atau dimatikan saja bila pada keadaan tidak digunakan. Misalkan saja penggunaan bluetooth, gunakanlah ketika hanya mentransfer data atau saat sedang menggunakan bluetooth headset.

Dan penggunaan GPS bisa Anda aktifkan ketika digunakan ketika Anda mencari arah. Terakhir, buat penggunaan Wifi sanggup Anda aktifkan waktu sudah berada ditempat yg telah dipastikan masih ada frekuwensi Wifi.

5. Memperhatikan penggunaan Flash dan Wallpaper

Hal lain yg dapat memakan daya baterai yg relatif akbar adalah penggunaan Flash & Wallpaper dalam hp Android. Untuk itu, Anda jangan terlalu acapkali memakai flash pada kamera bila ingin daya tahan baterai awet.

Selain itu penggunaan wallpaper animasi pula bisa memakan daya tahan baterai yg tidaj sedikit. Memang menggunakab wallpaper animasi terlihat menarik dan lebih keren ketimbang dengan menggunakan wallpaper statis.

Namun bila Anda ingin baterai tetap awet maka jangan menggunakan wallpaper animasi, gantilah menggunakan menggunakan wallpaper statis. Gunakan hanya dalam ketika dibutuhkan saja, misalnya saat Anda ingin memamerkan ke sahabat Anda :D.

6. Stop Pencarian Sinyal

Adakalanya kita dalam memakai smartphone berada di loka yg susah frekuwensi. Dalam keadaan dimana kita berada di loka yg tidak ada layanan jaringan, maka ponsel akan terus bekerja buat mencari frekuwensi. Hal ini mengakibatkan daya tahan baterai Anda cepat habis.

Agar daya tahan baterai Anda panjang maka disarankan supaya ponsel dimatikan saja atau berpindah ke flight mode sehingga pencarian sinyal akan berhenti, itu pun bila ponsel Android Anda tidak sedang dipakai.

Itulah beberapa saran tentang bagaimana cara penggunaan ponsel awet & tahan usang. Semoga goresan pena ini bermanfaat.