Biografi Bill Gates, Pendiri Microsoft dan Orang Terkaya Dunia | Favorite Computer

Kisah Sukses Bill Gates Pendiri Microsoft dan Orang Terkaya di Dunia

Bill Gates, siapa yang tidak kenal dengan sosok orang sukses yang satu ini. Mungkin bagi para pengguna personal komputer telah tidak asing lagi menggunakan Bill Gates. Ya dialah pendiri sekaligus pemilik perusahan aplikasi terbesar. Di tahun 2015, baru saja beliau dinobatkan balik menjadi orang terkaya pada global versi majalah Forbes dengan total kekayaan US$ 79,5 miliar. Dia mengalahkan Carlos Slim yang berada di urutan kedua.

Tentu saja kesuksesan yg diraih Bill Gates nir didapat secara instan, berkat kecerdasan & kerja kerasnya dia berhasil berakibat Microsoft sebagai super besar pada dunia IT khususnya perangkat lunak. Pria jenius ini merupakan aset yang berharga di dunia, bersama rekannya Paul Allen, Gates sudah merevolusi personal komputer pada era 1980-an, khususnya di bidang perangkat lunak. Berkat inovasinya telah mengganti cara hayati masyarakat dunia sampai era modern kini ini.

bill gates
Sumber : geekwire.Com

Sebagai orang terkaya di global, tentu saja dia memiliki segala hal misalnya yang didambakan oleh kebanyakan orang. Mulai berdasarkan rumah glamor yang super luas, jet eksklusif dan barang-barang berharga lainnya.

Selain sebagai orang terkaya, Bill Gates juga terkenal sebagai orang yg gemar memberi. Kini di masa senjanya, Gates menyempurnakan hidupnya menjadi seseorang filantropis. Tercatat telah ratusan juta dollar AS yg Ia sumbangkan buat humanisme. Kini Bill Gates sudah mundur menjadi pimpinan dari Microsoft dan sekarang lebih aktif mengabadikan hidupnya dibidang kemanusiaan melalui yayasan Melinda Gates Foundation.

Berikut kisah perjalanan hayati Bill Gated yg sudah Saya rangkum dari berbagai asal.

Biografi Bill Gates

Bill Gates atau memiliki nama lengkap William Henry Gates III adalah seseorang pengusaha, investor, filantropis dan penulis yg dari dari Amerika Serikat. Gates dilahirkan di Seattle, Washington, AS dalam lepas 28 Oktober 1955. Gates lahir berdasarkan pasangan William H. Gates, Sr dan Mary Maxwell. Kedua orang tua Bill Gates asal dari keturunan Inggris, Jerman dan Irlandia. Ayahnya bekerja sebagai pengacara terkenal dan ibunya menjabat menjadi anggota dewan direktur First Interstate BancSystem. Ketika Gates masih mini , dia sudah menujukan talenta jeniusnya. Terbukti dalam saat itu beliau menandakan output yg memuaskan buat mata pelajaran IPA & Matematika. Pada saat itu, orang tua Gates mengharapkan agar dewasa nanti Bill Gates berkarir pada bidang hukum.

Mengetahui bakat anaknya yang jenius, maka orang tuanya memasukan Bill Gates ke sekolah bergengsi yg bernama Lakeside School. Di sekolah inilah Gates pertama kali berkenalan dengan komputer dalam tahun 1968. Hampir seluruh jam pelajaran disekolahnya dihabiskan hanya buat bermain komputer selama setahun penuh.

Bersama Paul Allen dan 2 temannya, Gates melewatkan hari-harinya menggunakan memeriksa personal komputer dan menulis acara yg semuanya belajar secara otodidak. Dengan ketika yg cepat Gates bisa mengusai Basic, sebuah bahasa pemrograman komputer.

Semasa sekolah Gates pernah melakukan keisengan waktu sekolahnya meminta Gates buat mengembangkan acara personal komputer buat jadwal kelas siswa. Pada waktu itu Gates memodifikasi kode-kode programnya sebagai akibatnya ia ditempatkan di kelas yang didominasi oleh perempuan . Tidak hingga disitu, Gates beserta 3 rekannya pula pernah iseng menggunakan melakukan eksploitasi bug di sistem operasi supaya sanggup bermain komputer lebih lama . Alhasil dia diberi sanksi oleh sekolahnya buat tidak memakai komputer selama beberapa saat.

Pasca hukuman berakhir, Gates & rekan-rekannya mendapat tawaran pekerjaan dari Computer Center Corporation, yg bertugas menguji keamanan sistem yaitu menemukan bug pada sistem komputer perusahaan tadi. Gates jua diberi kebebasan buat menggunakan personal komputer yg terdapat pada perusahaan tadi. Gates pernah mengungkapkan bahwa disinilah dirinya dapat menjelajahi komputer yg sebagai cikal bakal berdirinya Microsoft.

Gates lulus menurut Likeside School dengan nilai yg paripurna. Selepas lulus, Ia melanjutkan kuliah pada Harvard University saat trend gugur dalam tahun 1973. Gates merogoh kuliah jurusan hukum seperti apa yang diinginkan ayahnya.Tetapi bakat Gates lebih condong ke dunia komputer, sehingga beliau lebih poly memakai personal komputer dibanding mengusut bidang hukum.

Ketika kuliah di Harvard University. Pada tahun 1974, surat fakta Populer Mechanics memuat gambar peluncuran personal komputer mikro MITS Altair 8800 berbasis CPU Intel 8080. Mendengar keterangan peluncuran personal komputer tersebut, Bill Gates beserta Paul Allen berdiskusi bahwa era komputet tempat tinggal akan segera meledak dan mereka menyadari bahwa ini adalah peluang bisnis yang bagus. Inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya perusahaan super besar software, Microsoft.

Bill Gates Mendirikan Microsoft Corp

Demi meraih sebuah impiannya, akhirnya Bill Gates memilih dropout menurut Harvard. Pada tahun 1975, Ia beserta rekannya Paul Allen mendirikan perusahaan yg dinamai Micro-soft dan bermarkas di Alburquerque. Pada saat itu, mereka bekerja sama dengan Micro Instrumentation

and Telemetry Systems (MITS) yaitu mengembangkan Altair 8800. Pada saat itu Pimpinan MITS tertarik dengan konsep sistem operasi yang ditawarkan sang Bill Gates.

Sumber : techcrunch.Com

Pada tahun 1967, nama perusahaan Bill Gates diganti menggunakan menghilangkan indikasi penghubung sebagai Microsoft dan nama dagang "Microsoftdanquot; didaftarkan pada Kementrian Luar Negeri New Mexico.

Seiring menggunakan perkembangan saat, kerjasama antara Microst dan MITS berakhir karena tidak sinkron pandangan.

Setelah putus kerja sama dengan MITS, Microsft mendapat tawaran kerja sama menurut IBM sebuah perusahaan raksasa perangkat keras buat mengembamgkan sistem operasi yg akan diterapkan pada IBM PC. Awalnya Microsoft memberikan sistem operasi CP/M buat diterapkan pada komputer IBM, namun IBM menolak sistem operasi tersebut. Akhirnya Microsoft menawarkan alternatif kedua yaitu yaitu sistem operasi 86-DOS, barulah pihak IBM menerimanya.

Dengan 86-DOS, Bill beserta Microsoftnya mulai membuatkan sistem operasi tersebut sehingga terciptalah sistem operasi MS-DOS. Dengan lahirnya sistem operasi MS-DOS, mulailah Microsoft merajai pasar sistem operasi dunia. Perlahan tapi pasti Microsoft sebagai perusahaan software super besar dan berakibat Bill Gates menjadi seorang yg kaya raya. Microsoft menjadi populer selesainya perusahaan itu mengeluarkan sistem operasi Microsoft Windows pada tahun 1985. Hingga ketika ini kita pun masih bisa menikmati hasil karya Bill Gates dan Microsoft menggunakan versi terbarunya yaitu Windows 10.

Kesuksesan Bill Gates bersama Microsoft tidak dan merta berjalan mulus. Bill Gates pernah tersandung perkara aturan yaitu dalam tahun 1990, Gates menerima tuntutan menurut Departemen Keadilan Amerika Serikat dengan dakwaan telah melakukan monopoli penjualan perangkat lunaknya terhadap perusahaan-perusahaan kecil. Tidak hanya itu, di tahun 1999 Bill Gates pula tersandung hukum undang-undang usaha Amerika Serikat.

Pada bulan Januari 2000, Bill Gates resmi mengundurkan diri sebagai pejabat eksekutif Microsoft, akan tetapi beliau masih menjabat menjadi kepala dan membangun jabatan ketua arsitek. Di tahun yang sama, Gates juga mendirikan yayasan kemanusian yang bernama Melinda Gates Foundation. Melalui yayasan ini Bill Gates kini lebih aktif pada menikmati masa pensiunnya dengan aktivitas amal. Tercatat Bill Gates telah mengeluarkan 1,5 miliar dollar buat aktivitas amalnya dalam membantu sesama.

Itulah kisah inspiratif berdasarkan seorang Bill Gates. Seorang legenda hayati yang telah membarui paras dunia berkat inovasinya yang indah. Banyak yg kagum terhadap sosok Bill Gates, poly jua yang membencinya. Seorang insan yg ditakdirkan menjadi manusia terkaya sejagat, namun dia tidak pelit terhadap apa yg dimilikinya. Terbukti menggunakan kegiatannya pada bidang humanisme dengan menafkahkan hartanya buat membuatkan bersama. Demikianlah kisah singkat berdasarkan seseorang Bill Gates, semoga membuahkan ide dan motivasi bagi kita semua.