Cara Membuat Android Menjadi Hotspot Wifi Untuk Berbagi Internet Sesama Android atau PC/Laptop | Favorite Computer

Cara Menjadikan Android Menjadi Hotspot Wifi. Siapa yang tidak mengenal hp android? Ya, telepon pintar yang satu ini masih menjadi smartphone favorit yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Alasan orang memilih smartphone Android dikarenakan kecanggihan serta memberikan fitur-fitur yang lengkap.

Salah satu fitur yg disediakan oleh Android merupakan smartphone ini dapat dijadikan menjadi hotspot untuk membuatkan atau share internet ke sesama hp android maupun laptop atau PC.

Fitur ini sangat cocok bagi Anda yg waktu sedang asyiknya berinternet pada Laptop atau PC dengan menggunakan modem, tiba-datang kuota internet Anda habis. Maka cara cara lain supaya kita dapat terus terkoneksi ke internet yaitu dengan cara mengakibatkan Smartphone Android kita dijadikan sebagai wi-fi hotspot. Tentunya Laptop/PC Anda sudah terpasang perangkat Wireless.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa pada perangkat Android sudah tertanam fitur Wifi hotspot atau tethering hotspot. Dan perlu diketahui, buat membuat koneksi tethering hotspot ini nir membutuhkan pelaksanaan atau software tambahan dan tanpa harus root terlebih dahulu.

Cara setting Android untuk menciptakan Wifi Hotspot sangatlah mudah. Silakan Anda simak pemaparan berikut adalah.

Langkah Setting Android Menjadi Hotspot/Wifi

Pada percobaan ini Saya memakai HP merk Asus Zenfone C, bagi Anda yg memilki brand HP Android yang tidak sama sanggup menyesuaikan, karena dalam pada dasarnya dalam pengaturannya nir jauh berbeda. Berikut merupakan langkah-langkahnya:

1. Langkah yang pertama buka menu Setting (biasanya icon bergambar roda gigi) pada Android Anda.

2. Berikutnya pada bagian Wireless & Networks (Nirkabel & Jaringan) pilih menu More (Selengkapnya).

3. Pada bagian ini silakan Anda pilihmenu Tethering (Menambatkan & hotspot portabel).

4. Maka akan masuk ke jendela Tethering (Menambatkan & hotspot portabel), pilih menu Set up Wi-Fi hotspot (Siapkan hotspot Wi-Fi).

5. Pada jendela Set up Wi-Fi hotspot (Siapkan hotspot Wi-Fi) akan muncul form isian tentang setting nama jaringan Anda.

  • Network SSID (SSID Jaringan) : Isi dengan nama jaringan Wifi Anda (misalnya : Test Hotspot).
  • Security (Keamanan) : Pilih WPA2 PSK jika jaringan Wifi Anda ingin menggunakan password untuk keamanan agar tidak sembarang orang masuk ke Wifi Anda, atau pilih None (Tidak Ada) jika Anda tidak menggunakan keamanan.
  • Sandi (Password) : masukan password atau kata sandi yang Anda inginkan. Bisa menggunakan huruf, angka, atau kombinasi antara huruf dan angka. Kata sandi atau password ini adalah kata kunci bagi perangkat lain yang akan menambatkan ke jaringan Wifi Anda.
  • Jika sudah diisi semuanya, silakan pilih Save (Simpan).
6. Kemudian langkah terakhir jangan lupa untuk mencentang Wi-Fi Hotspot (Hotspot Wi-Fi Portabel) lalu close.

Sampai  disini Anda telah berhasil membuat hp Android menjadi hotspot portabel yang telah siap digunakan, tinggal perangkat lain seperti sesama Android atau PC/Laptop terhubung ke jaringan wifi Anda.

Cara Menghubungkan Dengan Sesama Android

Langkah berikut ini akan dijelaskan tentang cara perangkat Android lain agar terhubung ke jaringan hotspot wifi yang telah dibuat tadi.

  • Silakan buka perangkat Android yang berbeda
  • Langkah yang pertama buka menu Setting
  • Kemudian pilih menu Wifi, lalu aktifkan perangkat Wifi
  • Jika Wifi telah aktif, maka nama SSID yang telah tadi dibuat akan muncul
  • Pilih nama SSID yang telah dibuat tadi, kemudian masukan password lalu pilih sambungkan.
Sampai disini kita telah bisa menggunakan internetan bersama sesama perangkat Android.

Cara Menghubungkan Dengan Menggunakan PC/Laptop

Setelah dijelaskan diatas tentang cara menghubungkan dengan sesama Android, sekarang Saya akan menjelaskan cara menghubungkan dengan menggunakan PC/Laptop. Berikut adalah caranya.

  • Aktifkan Wireless pada PC atau Laptop
  • Pada icon wireless maka akan muncul nama SSID yang telah tadi dibuat pada perangkat Android.
  • klik Connect pada nama SSID (pada contoh Saya memberi nama Test Hotspot).
  • Masukan password lalu pilih Ok.
Sampai sini kita telah berhasil mengoneksikan Androd kita untuk berbagi internet sesama Android atau PC/Laptop, cukup mudah bukan? Saya sarankan Anda jangan terlalu sering menggunakan fitur ini, karena akan membuat batere Android Anda cepat habis, panas dan rusak jika sering dipakai untuk hotspot.

Sekian artikel Cara Membuat Android Menjadi Hotspot Wifi Untuk Berbagi Internet Sesama Android atau PC/Laptop. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.