Cara Membuat Laptop Menjadi Hotspot/Wifi Tanpa Software pada Windows 7 | Favorite Computer

Cara menciptakan laptop menjadi hostspot / wifi tanpa software di windows 7

Pada kesempatan kali ini Saya akan mencoba share kapada Anda semua mengenai bagaimana cara setting laptop sebagai hotspot atau wifi tanpa menggunakan perangkat lunak. Pada dasarnya buat menciptakan laptop sebagai hotspot sangatlah mudah. Hanya menggunakan mempunyai laptop, Anda telah dapat memiliki jaringan hotspot sendiri. Apabila Anda memiliki PC maka syaratnya pada PC tersebut telah terpasang Wifi Adapter.

Fungsi dari Wifi ini adalah buat saling menyebarkan koneksi internet ke laptop yg lain tanpa wajib mempunyai modem masing-masing, relatif satu modem buat semua laptop. Selain bisa sanggup membuatkan koneksi internet, jaringan hotspot ini pula bisa dipakai untuk saling membuatkan data (file sharing) & sanggup komunikasi dengan perangkat laptop yang lainnya.

Pada tutorial cara menciptakan laptop menjadi hotspot ini, disini Saya menggunakan Windows 7 menjadi OS-nya.Anda pula bisa memakai Windows XP, Windows 8 atau Windows 10 selama Laptop atau komputer Anda terpasang Wifi Adapter. Sedangkan buat modemnya Saya memakai modem menurut Telkomsel Flash versi jadul hehe, dan untuk SIM Cardnya memakai kartu tiga.

Berikut langkah-langkah cara setting laptop menjadi hotspot pada Windows 7.

1. Pertama Anda wajib siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yg diperlukan yaitu dua butir laptop atau lebih yang sudah terpasang Wifi Adapter & 1 butir modem.

2. Nyalakan kedua laptop tersebut, lalu tancapkan modem ke galat satu laptop. Untuk laptop yang terpasang modem akan kita pakai sebagai hotspot (server), sedangkan laptop yg lainnya akan dijadikan menjadi client.

Cara setting laptop server

1. Setelah modem dipasangkan ke laptop, maka akan muncul tampilan Tekomsel Flash seperti dibawah ini.

Tampilan Telkomsel Flash

2. Abaikan terlebih dahulu aplikasi Telkomsel Flash, disini kita akan setting cara Sharing Internet pada modem Telkomsel Flash. Silahkan Anda masuk ke Control Panel dengan cara Start - Control Panel, maka akan muncul jendela Control Panel seperti dibawah ini.

3. Langkah berikutnya silahkan klik Network and Sharing Center, maka Anda akan dibawa ke halaman Network and Sharing Center seperti gambar dibawah ini.

4. Silahkan Anda pilih Change adapter settings. Kemudian klik kanan pada ikon Tsel Broadband (Time Based), lalu pilih Properties.

5. Anda akan masuk ke jendela TSel Broadband (Time Based) Properties. Kemudian Anda pilih menu Sharing. Pada Internet Connection Sharing, centang Allow other network users to connect through this computer's Internet connection. Lalu pada pilihan Home networking connection silahkan Anda Pilih wireless network connection, jika telah selesai silahkan klik Ok. Setelah Anda setting pada sharing internet ini, maka provider akan memberikan IP Address dan Subnet Mask secara otomatis yaitu IP Address 192.168.137.1 dan Subnet Mask 255.255.255.0.

6. Setelah selesai Anda akan kembali ke jendela Network Connection. Untuk mengecek IP Address yag telah diberikan modem, silahkan Anda klik kanan pada wireless network connection kemudian pilih properties.

7. Berikutnya Anda akan dibawa pada jendela wireless network connection Properties, silahkan Anda sorot Internet Protocol Version 4(TCP/IPv4) kemudian pilih properties.

8. Pada jendela Internet Protocol Version 4(TCP/IPv4), Pada Use the following IP address akan terisi secara otomatis dari modem yaitu IP Address 192.168.137.1 dan Subnet mask 255.255.255.0. Kemudian silahkan Anda isi Preffered DNS Server 8.8.8.8 dan Alternate DNS server 8.8.4.4 dan untuk Default gateway Anda kosongkan saja dan klik OK. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar.

9. Sekarang kita akan setting membuat nama hotspot pada komputer server. Silahkan Anda kembali ke jendela Network adn Sharing Center. Pilih menu Set up a new connection or network.

10. Akan muncul Jendela Set up a Connection or Network, kemudian pilih menu Set up wireless ad hoc (computer-to-computer network) --> Next

11. Pada menu Set up an Ad Hoc Network, Anda isi Network name dengan TEST (untuk nama bebas), pada Security type pilih No authentication (Open) kemudian Next --> Close.

12. Sampai sini kita telah selesai menyetting komputer yang akan dijadikan hotspot (server). Untuk mengetahui nama wifi kita silahkan Anda pilih icon signal tampak seperti gambar dibawah ini.

Silakan Anda klik connect pada Telkomsel Flash

Cara Setting Laptop Client

Untuk setting laptop client, Anda tinggal isi IP Addres-nya & tidak jauh berbeda langkah-langkahnya menggunakan cara setting laptop client, hanya saja yang berbeda no IP Adressnya tidak sinkron & Default gateway diisi dengan IP Address dari personal komputer laptop (server).

Untuk lebih jelasnya silakan Anda klik Start --> Control Panel --> Network and Sharing Center --> Change Adapter Setting --> Wireless Network Connection --> Klik kanan pilih Properties --> Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) --> Piih Properties, akan tampil seperti gambar dibawah ini.

Berikut penjelasan pada gambar diatas :

  • IP Address : Silakan Anda isi 192.168.0.2 . Untuk IP Address jangan sampai sama dengan komputer lain agar tidak terjadi IP konflik.
  • Subnet Mask : Untuk Subnet Mask akan terisi secara otomatis yaitu 255.255.255.0, untuk semua komputer subnet mask sama tidak boleh berbeda.
  • Default gateway : diisi dari IP Address dari laptop hotspot yaitu 192.168.0.1 dan untuk semua laptop client diisisama.
  • Preffered DNS : Silakan Anda isi sama seperti laptop hotspot (server) yaitu 8.8.8.8
  • Alternate DNS : Silakan Anda isi sama seperti laptop hotspot (server) yaitu 8.8.4.4
Jika sudah diisi silakan Anda klik Ok kemudian Close. Untuk komputer client silakan connect ke Wifi dari Komputer server dengan nama TEST. Sampai disini Anda telah terhubung dengan laptop hotspot dan untuk mengeceknya silakan Anda coba di browser.

Demikian artikel tentang  Cara menciptakan laptop menjadi hostspot / wifi tanpa software di windows 7, semoga bermanfaat.