Cara Menginstal Windows 7 Dengan Mudah di PC/Laptop (Plus Gambar Lengkap) | Favorite Computer

Step by step Instal Windows 7. Sebelum melakukan instalasi Windows 7, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu segala hal tentang Windows 7. Microsoft Windows 7 merupakan sistem operasi yang di produksi oleh Microsoft Corp. Microsoft Windows 7 ini mempunyai banyak fitur baru, walaupun relatif masih dekat dengan Windows Vista, tetapi di Windows 7 semua kemampuan yang ada di Windows Vista sudah disempurnakan.

Pada Windows 7, walaupun Microsoft tidak banyak merombak tampilan desktop, namun fasilitas yg ada lebih disempurnakan, jua dengan tombol start yg semakin interaktif dan hayati. Selain itu tentu saja Microsoft sudah menambah banyak sekali fitur mulai menurut ikon hingga menggunakan tampilan disetiap jendela. Walaupun Windows 7 bukan merupakan suatu revolusi namun tetap saja kehadirannya akan mengguncang sistem operasi dunia pada masa yg akan tiba.

Ada satu hal yg relatif menarik menurut Windows 7 ini antara lain "Process Reflection". Dengan fasilitas ini akan mengurangi gangguan yg ditimbulkan oleh diagnostik. Sebagai model, jika terjadi sebuah precess yg mengalami kegagalan, maka Windows 7 akan menangkap isi proses yg gagal berdasarkan memori untuk kemudian direplikasi melalui semacam "kloningdanquot;. Prosesyang gagal akan didiagnosa dan disaat yg bersamaan aplikasi pengguna (dalam proses yang sudah direplikasi) sehingga dapat terus berjalan sebagai akibatnya pemakai akan tetap produktif memakai aplikasi ketika Windows 7 menganalisa kegagalan proses. Itu merupakansalah satu fitur andalan menurut Windows 7, & tentu saja masih banyak fitur-fitur lainnya.

Seperti halnya Windows Vista, sistem operasi ini jua mempunyai beberap fitur yg khusus terkait menggunakan deaign grafis & animasi. Pengaturan dokumen bisnis dan kemudahan berinteraksi menggunakan para pelaku usaha lainnya. Interface yg disebut dengan Windows Aero jua tetap hadir menggunakan menaruh pengalaman desktop berkinerja tinggi. Dalam hal ini Windows 7 jua menghadirkan tampilan profesional, desain transparan dengan impak-dampak halus seperti refleksi dinamis, animasi yg halus menggunakan navigasi fitur-fitur 3D desktop Windows Flip and Flip yanh semakin sempurna.

Jika Anda sudah memanfaatkan kecanggihan Windows Vista, Windows 7 juga tetapendukung kinerjanya, system ini mempunyai beberapa fitur spesifik seperti Windows Bitlocker Drive Encryption tetapi telah semakin paripurna. Fitur ini berfungsi buat melindungi data dan properti intelektual dari pihak lain jika komputer tadi hilang.

Kelemahan Windows selama ini merupakan lantaran beliau mudah diserang virus, hal ini masuk akal lantaran beliau banyak digunakan sang para IT User jadi poly orang telah mengerti tentang bahasa programnya. Ia juga nir mampu dikembangkan secara berdikari dan harus menunggu Microsoft, nir ada source code-nya, disamping itu pula dia dikenal menjadi OS yg gampang hang walau jua dikenal gampang buat memperbaikinya, hardware conflict adakalanya terjadi pada Windows karena beliau sanggup pada injekkan pada komputer rakitan.

Persyaratan System

Tidak jauh berbeda seperti halnya Windows XP, ada yang 32 bit dan 64 bit. Begitu pula dengan Windows Vista yg tersedia buat sistem 32-bit & 64-bit. Sistem 32-bit dirancang secara speaifik buat komputer-komputer baku, sementara versi 64-bit disiapkan buat segmentasi menengah keatas.

Untuk menjalankan Windows 7 diharapkan hardware minimal menggunakan RAM minimal 512 MB, kartu grafis atau VGA yang mendukung Direct 9.0, & prosesor Intel Pentium Centrino atau AMD generasi terbaru. Namun bila Anda memiliki komputer Laptop dengan spesifikasi Pentium Centrino 1,6 Gbyte menggunakan RAM 512 MB sudah niscaya sanggup menjalankan Windows 7. Namun untuk menerima sistem operasi yang sahih-sahih canggih disarankan menggunakan RAM diatas 1 Gbyte.

Kebutuhan harddisk jua relatif lumayan besar . Dalam hal ini, Windows 7 memerlukan minimal 10Gbyte. Sebenarnya buat Windows 7 sendiri relatif menggunakan space 6-7 GB, namun apabila terdapat penambahan software kentara memerlukan space tambahan sampai dengan 10 Gbyte.

Hardware lain yang pula harus diperhatikanadalah katu grafis atau VGA Card. Untuk menginstal Windows 7 sebaiknya menggunakan kartu grafik minimal 64 MB dan disarankan yang lebih tinggi agar membentuk kualitas tampilan yang memuaskan. Begitu jua dengan resolusi monitor harus diperhatikan. Hal ini tentu wajib diadaptasi menggunakan kartu grafik yg digunakan.

Hardware lain yg diharapkan untuk memasang Microsoft Windows 7 adalah DVD-ROM Drive. Karena Windows 7 tersimpan dalam DVD-ROM. Apabila perlu Anda juga sanggup melengkapi hardware lain misalnya speaker, mikrophon, webcamera dan lain sebagainya.

Sebelum melakukan Instalasi Windows ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan terlebih dahulu.1. Backup data-data yg berdasarkan anda krusial.

2. Siapkan master Windows 7 dan Serial Number

tiga. Jika anda menginstal Windows 7 pada Laptop atau Netbook, pastikan terhubung menggunakan charger untuk menghindari hal-hal yang bisa mengganggu proses Instalasi.

Kesehatan dan Keselamatan Kerja

1. Berdo?Alah sebelum memulai kegiatan.

2. Bacalah dan pahami petunjuk praktikum dalam setiap lembar aktivitas belajar.

Tiga. Pastikan komputer pada keadaan baik, seluruh kabel penghubung terkoneksi dengan baik.

4. Jangan meletakkan benda yg dapat mengeluarkan medan elektromagnetik pada dekat personal komputer (magnet, handphone, & sebagainya).

Lima. Gunakanlah komputer sesuai kegunaannya dengan hati-hati.

6. Setelah selesai, matikan komputer menggunakan sahih.

Langkah-Langkah Instal Windows 7

1. Langkah pertama masukan Master Windows 7 ke DVD Room

2.Langkah berikutnya dalam Instalasi Windows 7 merupakan mengatur settingan BIOS agar personal komputer bisa booting melalui DVD. Untuk masuk ke BIOS, pada ketika menyalakan komputer umumnya menggunakan tekan tombol F2 atau Delete dalam papan keyboard, atau sanggup diubahsuaikan menggunakan jenis motherboard. Maka akan tampil misalnya dibawah ini.

3. Setelah masuk ke BIOS, pilih tab Boot dengan cara menekan tombol panah. Kemudian ganti 1st Boot Device dari Floppy Drive menjadi CD/DVD-Room dengan cara menekan tombol -/+ kemudian tekan Enter.

4. Setelah itu tekan tombol F10 maka akan muncul kotak dialog Save configuration changes and exit now lalu pilih OK.

5. Jika muncul perintah Press any key to boot from CD or DVD Anda tinggal menekan tombol apa saja, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

6. Untuk pilihan abaikan saja, Anda bisa lanjut dengan pilih Next

7. Berikutnya adalah muncul tampilan Instal Windows, Anda tinggal klik Instal now

8. Pada bagian berikutnya pilih Custom (Advanced), maka akan muncul tampilan dimana kita memilih drive yang akan diinstal

9. Pilih Partisi yang akan di isi dengan Windows 7, karena ini hanya ada 1 partisi, maka langsung saja, tetapi di laptop/PC anda pasti ada beberapa partisi, pilih yang partisi C, sekitar 100GB, bisa di cek di MyComputer.Windows akan melakukan proses Instalasi.

Sampai disini Anda tidak perlu mengerjakan apapun tinggal menunggu proses pengopian file, lalu dilanjutkan dengan proses Expanding file sampai dengan 100%, selanjutnya proses instalasi fitur, instalasi update dan diakhiri dengan proses untuk melengkapi berbagai komponen untuk Windows 7 yang akan digunakan. Kemudian secara otomatis komputer Anda akan melakukan booting dan Anda tinggal menunggu proses instalasi tersebut sampai dengan selesai.

Setelah proses booting Windows 7 akan terus berlanjut dengan melengkapi komponen yang akan diinstalasi ke komputer Anda. Proses ini memerlukan waktu minimal 20 sampai 30 menit tergantung komputer yang digunkan akan semakin cepat proses instalasi ini.

Anda sanggup mengerjakan hal-hal lain buat menunggu proses ini sampai menggunakan selesai. Setelah proses ini selesai secara otomatis, komputer Anda akan melakukan booting pulang dan Anda tinggal menunggu tampilan berikutnya dari Windows 7 yang sedang Anda instalasi.

Memulai Windows 7

Setelah proses instalasi selesai dilaksanakan dan komputer telah melakukan booting, maka sekarang Anda sudah siap untuk masuk ke lingkungan desktop Windows 7. Namun sebelumnya Anda harus memasukan Username dan Password Anda. Selain itu juga harus menetukan nama komputer dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya ikuti beberapa langkah berikut ini.

1. Dari tampilan awal tersebut Anda ketikan Username Anda (Akun)

2. Kemudian ketikan tipe dari komputer Anda atau bisa juga mengikuti username yang Anda masukan, namun demikian Anda juga bisa menuliskannya secara manual, misalnya LAPTOP-KU. Jika sudah silakan pilih tombol Next.

3. Masukan Password jika anda ingin menggunakan password di komputer Anda, jika tidak langsung saja pilih Next.

4. Masukan Serial Number lalu klik Next

5. Pilih opsi untuk fasilitas Windows update yang Anda inginkan. Anda bisa pilih Ask me later.

6. Pilih zona saat sesuai dengan tempat tinggal Anda & tunggu beberapa ketika.

Kini Windows 7 telah terpasang di Komputer/Laptop Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil :) .