Inilah Rahasia Sukses Negara Jepang Menjadi Negara Maju di Dunia | Favorite Computer

Rahasia sukses orang Jepang

Seperti yang kita ketahui bahwa negara Jepang adalah salah satu negara maju dan kini sukses menjadi negara industri di dunia. Meskipun pada awalnya Jepang mengalami keterpurukan setelah kekalahan dalam Perang Dunia II oleh tentara sekutu, ditambah pada waktu itu 2 kota di Jepang yaitu Horosima dan Nagasaki di jatuhi bom atom oleh Amerika Serikat. Jepang juga pernah dilanda gempa dan tsunami hebat yang memporakporandakan sebagian besar wilayah Jepang dan berdampak pada perekonomiannya.

jepang
sumber : furthestcity.com
Namun Jepang mampu bangkit kembali dari keterpurukannya dan tak perlu waktu lama dalam membenahi negaranya sehingga Jepang kembali berjaya menjadi negara maju di dunia. Jepang kini sejajar dengan Amerika Serikat dan negara-negara Eropa

Apa misteri dibalik sukses negara Jepang? Tentunya itu merupakan pertanyaan yg ada dalam benak kita. Ada banyak hal-hal yang mensugesti Jepang sehingga sebagai negara maju & berjaya. Kesuksesan Jepang tentu saja tidak semudah membalikan telapak tangan, tentu poly bisnis yang wajib ditempuh buat mencapai kesuksesan tadi. Warga Jepang populer menggunakan kerja keras & giat & inilah keliru satu faktor yg menciptakan Jepang sukses sebagai negara maju di dunia.

Apa saja yang sebagai misteri sukses bangsa Jepang. Berikut saya akan tuliskan misteri sukses negara Jepang dan semoga sebagai pandangan baru bagi kita semua buat lebih maju.

1. Malu

Nampaknya budaya membuat malu telah menjadi tradisi yg turun-menurun dari leluhur bangsa Jepang. Pada zaman perang dahulu, tentara Jepang bila kalah dalam berperang maka mereka akan melakukan Harakiri yaitu bunuh diri menggunakan cara menusukan pisau ke perut. Memasuki ke era terbaru sekarang wacana berubah sebagai fenomena mengundurkan diri bagi seseorang pemimpin yg terlibat korupsi atau merasa gagal dalam menjalankan tugas. Tentu saja dengan adanya harakiri akan berdampak negatif bagi anak-anak yg masih duduk pada bangku sekolah. Siswa tersebut akan bunuh diri bila nilainya tidak baik atau bahkan tidak naik kelas. Mereka akan memalukan terhadap lingkungan bila melanggar kebiasaan yang telah menjadi konvensi generik.

2. Kerja Keras

Kita mungkin telah mengetahui bahwa orang Jepang adalah pekerja keras. Rata-rata jam kerja pada Jepang adalah 2450 jam/tahun, sangat tinggi bila dibandingkan dengan negara Amerika Serikat yg homogen-rata jam kerja 1957 jam/tahun, Inggris homogen-homogen 1911 jam/tahun, Jerman homogen-homogen 1870 jam/tahun & Prancis homogen-rata 1680 jam/tahun. Sungguh perbandingan yang jauh berbeda menggunakan negara-negara maju lainnya. Seorang pekerja Jepang mampu dikatakan bisa melakukan pekerjaan yg biasanya dikerjakan 4-lima orang. Di Jepang seseorang pekerja pergi cepat merupakan hal yang tabu & mampu dikatakan hal yg malu. Hal itu mengindikasikan bila pekerja tadi sudah tidak dibutuhkan lagi oleh perusahaan.

3. Mandiri

Bersikap mandiri adalah hal yang primer bagi warga Jepang & kemandirian telah ditanamkan oleh para orang tua terhadap anaknya. Jangan heran jika seseorang anak TK di Jepang akan membawa 3 tas sekaligus tanpa dibantu oleh orang tua buat membawakannya. Para anak didik pada Jepang diwajibkan buat memperhatikan keperluannya sendiri. Bahkan sehabis lulus SMA, orang Jepang nir lagi membebani orang tua buat keperluannya, mereka akan mencari uang sendiri buat memenuhi kebutuhan hidupnya.

4. Loyalitas

Salah satu faktor yg mensugesti kesuksesan negara Jepang merupakan tingginya loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Dengan loyalitas yg tinggi menciptakan sistem karir pada sebuah perusahaan menjadi tertata dengan rapi. Sangat sporadis orang Jepang berpindah pekerjaan. Hal ini tidak selaras dengan Amerika Serikat dan negara- negara Eropa yg selalu berpindah-pindah loka kerja.

5. Hemat

Ada pepatah berkata ekonomis pangkal kaya, nampaknya hayati ekonomis telah menjadi keseharian bagi masyarakat Jepang. Mengingat porto hidup yg tinggi, rakyat Jepang telah terbiasa menggunakan hayati irit.

Jarang sekali kita melihat pada kehidupan warga Jepang yang sikapnya konsumerisme yg tinggi. Kebiasaan hidup irit orang Jepang didukung dengan kebijakan toko & pasar swalayan yg memberikan diskon disaat setengah jam sebelum tutup.

6. Menghormati orang tua dan menjaga tradisi

Masyarakat Jepang sangat menjunjung tinggi hormat terhadap orang tua & selalu menjaga tradisi usang dari nenek moyangnya. Meskipun hayati pada zaman terbaru yang serba maju berkat kecanggihan teknologi tidak dan merta Jepang menghapus tradisinya. Salah satu tradisi yang selalu diterapkan dalam saat ini adalah budaya minta maaf. Maka jangan heran bila Anda menabrak orang Jepang maka menggunakan impulsif orang yang Anda tabrak akan meminta maaf terlebih dahulu.

7. Inovasi

Negara Jepang memang bukan bangsa penemu, tetapi orang Jepang pandai meracik temuan orang lain. Hal ini bisa kita lihat menggunakan banyaknya produk-produk teknologi Jepang dengan kualitas tinggi yg pada minati rakyat di dunia.

8. Pantang menyerah

Sikap pantang menyerah memang nir bisa dipisahkan berdasarkan orang Jepang. Hal ini tercatat pada sejarah bahwa jaman dulu Jepang pernah menguasai global meskipun negara Jepang mempunyai luas daerah yang mini ,hal ini berkat semangat juang para pemimpinnya. Meskipun Jepang pernah porak poranda akibat 2 kotanya Hirosima & Nagasaki dijatuhi bom atom, tetapi Jepang dengan cepat bisa menciptakan kembali negaranya sebagai negara yamg maju. Nampaknya perilaku pantang menyerah ini telah diwariskan turun temurun ke generasi berikutnya. Terbukti waktu Jepang dilanda gempa & tsunami yang dahsyat dalam saat yg singkat bisa pulang bangkit berdasarkan keterpurukan.

9. Budaya baca

Masyarakat Jepang sengat menghargai sekali dengan ketika. Orang Jepang akan memanfaatkan ketika luang mereka dengan membaca buku. Jangan heran bila Anda jalan-jalan di Jepang naik kereta Anda akan melihat sebagian akbar penumpangnya membaca buku baik anak-anak maupun orang dewasa. Semua itu dilakukan baik duduk ataupun berdiri.

10. Kerja sama kelompok

Kerja secara berkelompok bagi orang Jepang akan menaruh hasil yang aporisma. Jepang nir mengakomodasi kerja-kerja yang bersifat individual, termasuk output kerjanya. Ada anekdot yg menyatakan jika 1 orang profesor Jepang akan kalah oleh 1 orang profesor Amerika, tetapi 10 profesor Amerika akan kalah sang 10 profesor Jepang yang bekerja secara berkelompok.

Itulah beberapa misteri sukses negara Jepang yg bisa menjadi negara maju di dunia. Mungkin ini akan bertolak belakang dengan serial film anak yg populer berasal menurut Jepang yaitu film kartun Doraemon. Dalam film tadi seseorang anak yang bernama Nobita memerankan menjadi anak yg malas, selalu menerima nilai 0 dan suka terlambat tiba ke sekolah lantaran bangun kesiangan. Tentu saja hal ini tidak sesuai dengan karakter bangsa Jepang yang asli.

Semoga warga Indonesia dapat meniru hal-hal positif yang diterangkan diatas sehingga Indonesia bisa sejajar dengan negar Jepang dan negara-negara maju lainnya.