Jenis-Jenis Keyboard Pada Komputer (Lengkap Dengan Gambar) | Favorite Computer

Macam-Macam Keyboard Pada Komputer. Jika kita mendengar kata keyboard tentu pikiran kita akan langsung tertuju pada komputer. Seperti kita ketahui bahwa keyboard merupakan salah satu perangkat keras pada komputer yang memiliki peranan penting. Definisi keyboard adalah suatu alat input yang terdapat pada komputer  untuk memasukan perintah atau instruksi. Bentuk keyboard sendiri berupa papan tombol yang didalamnya terdiri dari tombol huruf, angka, simbol dan karakter-karakter khusus.

Terdapat majemuk jenis keyboard yg dibentuk buat memenuhi kebutuhan pengguna dalam hal menaruh kemudahan pada mengetik atau menginputkan perintah, baik itu berupa huruf, angka atau perintah lainnya.

jenis-jenis keyboard komputer

Dalam keyboard terdapat tombol-tombol seperti tombol huruf yang terdiri dari huruf A-Z dan a-z, tombol angka dari 0-9 dan tombol untuk menginputkan karakter-karakter khusus seperti @!#%^**<>?., serta tombol khusus lainnya.

Pada waktu ini masih ada keyboard komputer yg bentuknya bervariatif, tetapi dalam biasanya bentuk keyboard umumnya berbentuk persegi panjang. Ada banyak sekali jenis keyboard, tetapi yg paling poly dipakai merupakan keyboard buat jenis Qwerty yang terdiri dari 101 key (tombol).

Dibawah ini akan dipaparkan penjelasan tentang macam-macam keyboard dengan jenis yg tidak sinkron jua.

1. Keyboard Berdasarkan Port

a. Keyboard Serial

Pada jenis keyboard ini menggunakan DIN 5 Male. DIN 5 Male adalah port serial yang mrmiliki lima jarum yang berfungsi buat menghubungkan antara keyboard dengan personal komputer .Untuk zaman sekarang, jenis keyboard ini sporadis sekali digunakan. Keyboard serial digunakan buat komputer jenis AT.

Port yang terdapat dalam keyboard ini mempunyai ukuran yang akbar dan kabelnya pun cukup tebal sebagai akibatnya berbeda menggunakan keyboard-keyboard lainnya.

B. Keyboard PS/2

Keyboard PS/dua biasa dipakai buat personal komputer desktop jenis ATX dan keyboard jenis ini masih poly digunakan hingga kini . Port buat keyboard PS/2 biasanya berwarna ungu. Dalam pemasangannya, keyboard ini wajib ditancapkan ke port yang berwarna ungu pada motherboard. Dalam memasangnya pun butuh ketelitian, jangan hingga Anda menghungkan ke port berwarna hijau, karena warna hijau adalah port buat memasang mouse jenis PS/dua.

C. Keyboard USB

Jenis keyboard yang satu ini menggunakan port USB (Universal Serial Bus). Keyboard USB adalah keyboard yg paling poly digunakan karena dalam pemasangannya sangat gampang apabila dibandingkan menggunakan keyboard yg lainnya. Keyboard ini sangat cocok bagi pengguna personal komputer desktop maupun laptop. Selain itu jenis keyboard USB pula menjamin proses pengiriman data yg cepat.

D. Keyboard Wireless

Sesuai dengan namanya, keyboard jenis ini merupakan keyboard yang dalam pemasangannya tidak menggunakan kabel (nirkabel). Dalam pengiriman datanya, keyboard ini menggunakan media sinyal seperti wireless, infra red dan bluetooth sebagai koneksinya.

Dalam menghubungkannya diperlukan indera pemancar dan penerima. Hingga waktu ini keyboard jenis wireless masih sebagai favorit pengguna komputer maupun laptop lantaran keyboard ini dianggap simpel tanpa wajib repot memakai kabel.

Dua. Keyboard Berdasarkan Bentuk dan Tombol

a. Keyboard Qwerty

Jenis keyboard Qwerty diciptakan dalam tahun 1878 oleh Scholes, Gildden & Soule. Pada tahun 1905, keyboard Qwerty telah sebagai baku mesin tik komersial. Keyboard ini disusun 6 alfabet berurutan pada baris ke 2 berdasarkan tombol alfanumerik.

Pada desain keyboard Qwerty, key yg paling banyak dipakai ditempatkan secara terpisah untuk memudahkan pengguna pada melakukan pengetikan & jua buat meminimalisir stagnasi. Hingga saat ini keyboard jenis qwerty masih sebagai keyboard yang paling banyak dipakai sang pengguna personal komputer pada semua global.

Baca Juga : Pengertian Keyboard dan Fungsi Keyboard

Meskipun dibuat sedemikian rupa, pada keyboard Qwerty masih ditemukan beberapa kelemahan. Kelemahan dari keyboard ini adalah beban tangan kiri lebih akbar bila dibandingkan dengan penggunaan tangan kanan. Contohnya alfabet "adanquot; yg paling poly dipakai diketik dengan memakai tangan kiri oleh jari kelingking.

Dua. Keyboard Dvorak

Keyboard Dvorak diciptakan pada tahun 1932. Susunan huruf pada keyboard Dvorak dibuat dengan lebih poly membebankan tangan kanan dibandingkan dengan penggunaan tangan kiri. Untuk tata letaknya, keyboard ini dibuat 70% ketukan jatuh pada home row sehingga bisa mengurangi kelelahan bagi pengguna pada melakukan pengetikan.

Hasil percobaan mengambarkan bahwa, keyboard Dvorak lebih efisien 10-15 persen dibandingkan dengan keyboard Qwerty. Untuk pengguna keyboard ini jumlahnya masih sedikit & hanya dominan dipakai sang pengguna yang asal dari Amerika.

C. Keyboard Klockenberg

Keyboard Klockenberg diciptakan buat menyempurnakan dari keyboard-keyboard yg sebelumnya. Keyboard ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian kiri & bagian kanan. Bagian kiri dan kanan dibuat miring kebawah dan dipisahkan menggunakan sudut 15 derajat. Tombol-tombol pada keyboard Klockenberg dibentuk lebih tipis, hal ini menciptakan penggunaannya lebih nyaman.

Tata letak keyboard Klockenberg didesain buat mengurangi beban otot pada jari, tangan dan bahu pengguna sebagai akibatnya pada penggunaanya lebih nyaman & nir membuat lelah pengguna. Kekurangan menurut keyboard Klockenberg adalah lebih memakan banyak ruang lantaran keyboard tersebut dipisahkan sebagai 2 bagian.

D. Keyboard Maltron

Bentuk Keyboard Maltron berbeda menggunakan keyboard pada umumnya. Keyboard jenis ini dibentuk dengan bentuk cekung kedalam, tujuannya merupakan supaya jari-jari pengguna nir pada posisi satu garis lurus. Dengan desain keyboard tersebut, pembuat keyboard Maltron menyatakan bahwa keyboard ini akan menaruh kenyamanan pengguna dalam melakukan pengetikan, sebagai akibatnya pengguna akan terhindar menurut RSI (Repetitive Stress Injuries). Selain itu, dengan bentuk keyboard yg unik, maka mengetik dengan menggunakan 10 jari akan lebih cepat apabila dibandingkan dengan mengetik menggunakan menggunakan 8 jari.

E. Keyboard Chord

Keyboard tipe ini hanya memiliki 4-5 tombol saja. Apabila Anda ingin memasukan alfabet lainnya, maka wajib menekan tombol secara bersamaan. Keyboard Chord sangat cocok sangat cocok buat aplikasu yang portable, karena ukurannya yang kompak. Keyboard jenis ini masih kurang populer karena jika digunakan dalam jangka waktu yg usang maka akan mengakibatkan kelelahan dalam tangan.

Terdapat dua macam untuk keyboard Chord

1. Keyboard Palantype

Pada keyboard ini memiliki 3 kelompok karakter. Kelompok bagian kiri terdiri dari huruf konsonan awal, kelompok bagian tengah terdiri dari huruf vokal dan kelompok bagian kanan terdiri dari huruf konsonan akhir.

dua. Keyboard Stenotype

Steno merupakan jenis goresan pena singkat buat mencatat ucapan seorang. Keyboard jenis Stenotype banyak digunakan oleh para wartawan untuk mencatat fakta agar pekerjaan lebih mudah & cepat apabila dipakai.

F. Keyboard Alphabetik

Jenis keyboard yang berikutnya merupakan Keyboard Alphabetik. Tombol keyboard jenis ini disusun menurut susunan alfabet alphabet. Keyboard ini hampir sama menggunakan keyboard Qwerty dan Dvorak, hanya susunan tombolnya saja yang berbeda.

Keyboard Alphabetik seringkali poly ditemui pada mainan anak-anak lantaran memudahkan bagi anak buat belajar mengenal alfabet -huruf. Hasil pengujian mengambarkan bahwa penggunaan keyboard alphabetik memperlambat pada pengetikan karena susunan tata letaknya.

G. Keyboard Numerik

Keyboard numerik merupakan jenis keyboard yg dirancang buat menginputkan angka. Keyboard ini diciptakan buat memasukan sapta yg jumlahnya besar . Untuk susunannya tombolnya sendiri dibuat secara berdekatan yg bertujuan supaya gampang dijangkau. Keyboard ini sangat cocok dipakai oleh para accounting dalam memasukan bilangan yg lebih akbar. Penggunaannya pun lebih mudah & fleksibel sebagai akibatnya membuat pekerjaan lebih cepat terselesaikan.