Jenis-Jenis Sistem Operasi Jaringan Komputer | Favorite Computer

Macam-Macam Sistem Operasi Jaringan Komputer Beserta Contohnya. Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya, pengertian sistem operasi secara umum adalah pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dab menyamankan penggunaan serta pemanfaatn sumber daya sistem komputer.

jenis-jenis sistem operasi
image by www.sheseiro.wordpress.com

Terdapat 2 macam model sistem operasi yaitu sistem operasi berbasis text dan sistem operasi berbasis grafik.

Sistem operasi berbasis text atau Command Line Interface (CLI) adalah sistem operasi yang tampilan antarmukanya hanya menampilkan text saja berupa huruf, angka dan karakter khusus. Dari tampilannya sendiri, sistem operasi berbasis text kurang menyenangkan bagi pengguna.

Kelebihan sistem operasi berbasis text adalah sebagai berikut :

  1. Pengoperasiannya mudah
  2. Space yang dibutuhkan tidak besar.
  3. Tidak memerlukan memori yang besar.
  4. Kompatibel hampir ke semua software dan hardware.

Kekurangan Sistem Operasi Berbasis Text

  1. Mode operasinya text
  2. Tidak User Friendly
  3. Tidak kompatibel terhadap software grafis.

Sedangkan sistem operasi grafik atau Graphical User Interface (GUI) adalah sistem operasi yang tampilan antar mukanya didesain dan memiliki tampilan yang lebih atraktif sehingga membuat pengguna komputer lebih nyaman dan menyenangkan. Sistem operasi GUI adalah sistem operasi yang merupakan pengembangan dari sistem operasi berbasis text.

Kelebihan sistem operasi berbasis grafis adalah sebagai berikut :

  1. Desain grafis yang lebih menarik.
  2. Mudah digunakan (User friendly)
  3. Menarik minat pengguna
  4. Berinteraksi dengan komputer secara lebih baik.
  5. Resolusi gambar yang tinggi

Kekurangan Sistem Operasi Berbasis Grafis

  1. Membutuhkan memori yang besar
  2. Sangat bergantung kepada hardware
  3. Membutuhkan banyak tempat pada layar komputer
  4. Kurang fleksibel.

Macam-Macam Sistem Operasi Jaringan

Terdapat banyak jenis-jenis sistem operasi jaringan yang beredar pada saat ini. Berikut adalah sistem operasi yang sering kita temui. Berikut adalah penjelasan tentang berbagai jenis sistem operasi.

1. Windows

Microsoft Windows atau biasa kita sapa dengan sebutan Windows adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka berbasiskan GUI ( Grapgical User Interface) atau tampilan antar muka bergrafis.Windows merupakan pengembangan dari sistem operasi Ms-DOS. Untuk Windows versi pertama yang dikeluarkan adalah Windows Graphic Environment 1.0.

Image By Google.com

Generasi pertama sistem operasi Microsoft Windows yaitu Microsoft Windows 3.0 yang dirilis tahun 1990. Selanjutnya Microsoft merilis Microsoft Windows 3.1 (tahun 1992), Microsoft Windows NT (tahun 1993), Microsoft Windows 95, Microsoft Windows 98, Microsoft Windows 2000, Microsoft WindowsXP, serta Microsoft Windows Vista. Microsoft Windows 98 dirilis tahun 1998 sedangkan Microsoft Windows 2000 dirilis tahun 2000. Microsoft Windows XP dirilis tahun 2001, Microsoft Windows Vista dirilis tahun 2007, Windows 7, Windows 8 dan Windows versi terbaru yaitu Windows 10

2. UNIX

UNIX adalah sistem operasi yang ditulis dalam bahasa C sehingga UNIX pun mirip dengan DOS yaitu berbasis text/Line Command Based, selain itu UNIX merupakan sistem operasi yang paling secure dibanding sistem operasi lainnya karena setiap file, direktori, user dan group memiliki akses tersendiri. Karena adanya dukungan proyek GNU, maka selanjutnya UNIX berkembang menjadi Linux (salah satu varian dari UNIX).

Kelebihan dan kekurangan UNIX

  1. Sistem operasi yang mendukung Multiuser dan Multitasking
  2. Dibuat di Bell Laboratories awal tahun 1970.
  3. Tidak user friendly
  4. Dapat menangani pemrosesan yang besar.
  5. Menyediakan layanan internet seperti web server, terminal emulation (telnet), akses database dan Network File System (NFS).
  6. Trade mark dari UNIX sekarang dipegang oleh the open group.
3. LINUX

Linux merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Linus Trovald. Pada awalnya Linux dibuat sekedar emulasi terminal yang dibutuhkan untuk mengakses server UNIX di universitasnya. Linux merupakan kloningan dari MINIX (salah satu varian dari UNIX), peralatan sistem dan pustakanya berasal dari sistem operasi GNU.

Baca Juga :Pengertian dan Fungsi Sistem Operasi

Linux memiliki banyak desain yang berasal dari desain dasar UNIX. Linux menggunakan Kernel Monolitik yaitu Kernel Linux yang khusus menangani kontrol proses, jaringan, feriferal dan pengaksesan sistem berkas. Sama seperti UNIX, Linux pun dapat dikendalikan oleh satu atau lebih antar muka baris perintah ( Command Line Interface/CLI) dan antarmuka pengguna grafis ( Graphical User Interface).

Perbedaan utama antara Linux dengan sistem operasi populer lainnya terletak pada kernel dan komponen-komponen lainnya yang bebas dan terbuka. Sama seperti UNIX, Linux berkonsentrasi pada Workstation dan server. Banyak server yang menggunakan Linux karena Linux sangat stabil digunakan untuk jangka waktu lama dan kebal terhadap malware.

Satu hal lagi yang membedakan Linux dengan sistem operasi lainnya adalah masalah harga. Kebanyakan Linux dapat diperoleh secara gratis walaupun ada yang berbayar (license). Linux dapat didistribusikan tanpa harus membayar royalti kepada pemiliknya.

Linux disusun berdasarkan standar sistem operasi POSIX yang diturunkan dari UNIX itu sendiri. Ada berbagai macam Distro Linux seperti Debian, Lycoris, Xandros, Lindows, Linare, Mandrake, RedHat, Ubuntu, Slackware, Knoppix, Fedora dan Suse.

  1. Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Linux adalah sebagai berikut :
  2. Turunan dari UNIX yang merupakan freeware dan powerfull operating system.
  3. Linux merupakan sistem operasi yang dapat digunakan sebagai server dan client.
  4. Memiliki implementasi lengkap dari arsitektur TCP/IP
  5. Layanan yang disediakan oleh oleh Linux yang berbasiskan TCP/IP Suite

Web server : Apache

Web proxy : Squid

File & Printing sharing : Samba

Email : Sendmail

DNS

  •  Bersifat open source sehingga mudah dikembangkan.
  • 4. IBM OS

    Sistem operasi IBM OS/2 dibuat secara bersama-sama oleh International Bussiness Machine Corporation dan Microsoft Corporation, untuk digunakan pada komputer IBM sebagai pengganti sistem operasi DOS.

    Kata OS/2 memiliki kepanjangan Operating System / 2. Sistem operasi ini dibuat agar dapat menggunakan kemampuan penuh dari Mikroprosesor Intel 80280 termasuk diantaranya adalah modus terproteksi (Protected Mode), mampu menjalankan tugas secara simultan, serta mendukung Memori Virtual. Dengan tetap mempertahankan kompatibilitas dengan banyak perangkat lunak DOS yang beredar pada saat itu.

    Kelebihan dan kekurangan Sistem Operasi IBM/OS 2

    1. 32 bit operating sistem yang dibuat oleh Microsoft dan IBM, tetapi kini dikelola oleh IBM.
    2. mirip seperti Windows, tetapi memiliki fitur seperti Linux dan Xenix.
    3. Penggunaan dihentikan pada tahun 2006
    4. IBM menggunakan Linux dan keluarga Windows.

    5. MAC OS ( Macintosh Operating System)

    MAC OS atau Macintosh Operating System adalah sistem operasi yang dibuat oleh Apple Computer digunakan khusus untuk Macintosh Computer dan tidak kompatibel dengan komputer IBM. MAC OS merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan pengguna antarmuka grafis (Graphical User Interface/GUI)

    Kelebihan Sistem Operasi MAC OS

    1. Stabil, karena menggunakan UNIX
    2. Multitasking
    3. Tampilan User Interface (UI) sangat bagus
    4. Aman dari malware
    6. FREE BSD

    FreeBSD adalah sistem operasi bertipe UNIX bebas yang diturunkan  UNIX AT&T.  FreeBSD berjalan diatas sistem Intel X6. FreeBSD sendiri muncul pada tahun 1993 oleh David Greenman. Tujuan dari FreeBSD adalah menyediakan software untuk berbagai kepentingan. FreeBSD dikembangkan dari 386BSD sebuah proyek pengembangan BSD OS yang berjalan diatas chip Intel.

    7. SOLARIS

    Sistem operasi Solaris adalah termasuk jenis sistem operasi turunan dari UNIX yang dikembangkan oleh Sun Microsystem pada tahun 1992 sebagai pendukung SunOS. Solaris terkenal karena kestabilannya, khususnya pada sistem SPARC (Scalable Processor Architecture). Solaris disertifikasikan ke dalam spesifikasi UNIX, walaupun pada awal pengembangannya diciptakan untuk kepentingan pribadi. Kebanyakan kode dasarnya sekarang ini merupakan software opensource yang dikenal dengan OpenSolaris. OpenSolaris adalah open source versi sistem operasi Sun Solaris. Sun Solaris terdiri dari lebih beberapa kode yang tidak hanya inti dari sistem operasi, misalnya Source untuk installer, desktop dan software.

    Konsep Open Solaris adalah sebagai berikut :

    1. Free Redistribution : distribusi secara bebas.

    2. Source Kode : sumber source harus tersedia untuk semua distribusi.

    3. Derived Work : setiap orang bisa mengubah kode dan mendistribusikan kembali.

    4. No Discrimination : kode harus disediakan bagi pengguna untuk dikembangkan.

    8. NOVELL NETWARE

    Novell NetWare adalah sistem operasi jaringan yang umum digunakan untuk komputer IBM dan kompatibelnya. Sistem Operasi ini dikembangkan oleh Novell dan dibuat berbasiskan tumpukan protokol Xerox XNS.

    Novell adalah salah satu perusahaan perangkat lunak yang sempat memimpin sistem operasi jaringan (NOS). Perusahaan ini bernama Novell. Inc yang menjual Netware, yang merupakan NOS yang paling banyak digunakan di dunia.

    Kelebihan dan Kekurangan Novell Netware adalah sebagai berikut :

    1. Dahulu digunakan sebagai LAN-Based Network Operating System

    2. Dibuat oleh Novell Inc.

    3. Banyak digunakan pada awal dan pertengahan tahun 1990.

    4. Konsep : pembagian disk space dan printer

    5. File sharing : layanan modul file, pencarian lokasi fisik dilakukan di server.

    6. Meng-Chacing file yang sedanf aktif.

    7. Netware Core Protocol (NCP) lebih efektif.

    Demikianlah pembahasan singkat mengenai Jenis-Jenis Sistem Operasi Jaringan. Pada dasarnya semua sistem operasi mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, untuk memilihnya semua tergantung kepada selera dan kebutuhan Anda. Terima kasih.