Pengertian Harddisk, Fungsi dan Bagian-Bagian Harddisk Pada Komputer | Favorite Computer

Pengertian Harddisk, Fungsi dan Bagian-Bagian Harddisk Pada Komputer. Bagi Anda pengguna komputer maupun laptop tentunya sudah tidak asing lagi dengan perangkat keras yang bernama harddisk. Tapi masih banyak juga orang khususnya yang awam belum mengetahui apa itu pengertian dari harddisk dan juga fungsi dari harddisk.

gambar-harddisk
Image by : mdin.staff..uad.ac.id
Nah, pada pembahasan kali ini Saya akan mencoba menjelaskan tentang pengertian Harddisk, fungsi, bagian-bagian harddisk dan juga jenis dari harddisk. Silakan Anda simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Harddisk

Harddisk merupakan hardware atau perangkat keras yg masih ada pada komputer atau laptop yang adalah alat penyimpan data sekunder, dimana data disimpan pada piringan logam yang berputar secara terintegrasi.

Harddisk merupakan perangkat keras yang sangat krusial bagi personal komputer mau pun laptop. Harddisk atau mampu disingkat HDD ( harddisk drive) terdiri menurut piringan keras yang dibuat dengan bahan non-magnetik yg dilapisi bahan tipis berbahan magnet.

Baca Juga : Pengertian VGA, Fungsi dan Jenis-Jenis VGA

Disk berputar menggunakan kecepatan tinggi & ketua magnetik dipasang dilengan berkiprah yang berfungsi buat menulis dan membaca data. Sebuah drive harddisk bisa berputar dengan kecepatan 7.200 rpm (rotasi per mnt)

Untuk kapasitas penyimpanan harddisk terbilang cukup akbar. Kapasitas Harddisk pada personal komputer kini bisa mencapai 500 GB sampai 1 TB. Dalam penyimpanannya harddisk menggunakan saruan byte, dimana :

1 TB = 1024 GB (Giga Byte)

1 GB = 1024 MB (Mega Byte)

1 MB = 1024 KB (Kilo Byte)

1 KB = 1024 Byte.

Fungsi Harddisk

Fungsi harddisk sendiri secara generik adalah suatu device atau komponen yg terdapat pada laptop atau personal komputer buat menyimpan data secara tetap yang didapatkan sang hasil pemrosesan berdasarkan personal komputer /laptop.

Harddisk menyimpan banyak sekali macam liputan berdasarkan mulai liputan hardware sampai sistem operasi pada komputer itu sendiri. Harddisk pula menyimpan aneka macam arsip seperti pelaksanaan, dokumen, foto, video, music dan file-file lainnya.

Biasanya harddisk pada personal komputer atau laptop memiliki berberapa partisi supaya lebih mudah dipakai. Pengertian partisi merupakan pembagian ruang pada harddisk menjadi beberapa bagian sesuai menggunakan kapasitas & kebutuhan.

Bagian-Bagian Harddisk

Image by yogaktif.Blogspot.Com

1. Platter

Platter merupakan komponen yang paling utama pada harddisk yang berfungsi sebagai tempat menyimpan data. Platter terdiri dari track dan sector  yang bertugas menyimpan ID pengenal untuk format harddisk.

2. Spindle

Spindle merupakan komponen yang terdapat pada harddisk berupa poros buat menempatkan & memutar platter. Semakin besar kecepatan perputaran dalam spindle, maka semakin cepat pula akses dalam harddisk.

3. Head

Head adalah komponen pada harddisk yang bertugas menulis & membaca pada setiap data yang masih ada dalam harddisk. Head terletak pada platter permukaan & bagian bawah. Cepat lambatnya head pada membaca dan menulis tergantung dalam kondisi sector yg masih ada pada platter.

4. Logic Board

Logic Board merupakan sirkuit utama yg masih ada pada harddisk yang berfungsi buat menyimpan BIOS. BIOS tadi akan dikenali saat harddisk telah terhubung menggunakan mainboard.

5. Actual Axis

Yaitu alat yang berfungsi sebagai media buat menyangga head agar head tersebut bisa berada diatas atau dibawah platter.

6. Ribbon Cable

Adalah kabel yg berfungsi buat menghubungkan antara head dengan logic board. Ribbon cable juga berfungsi sebagai media pengirim warta menurut head ke logic board ataupun kebalikannya.

7. Setting Jumper

Yaitu komponen pada harddisk yg berfungsi buat memilih hardisk dalam motherboard. Jika kita memasang 2 harddisk dalam komputer, maka kita harus mensetting jumper dalam harddisk. Dengan mensetting jumper maka kita mampu menentukan mana harddisk utama & sekunder atau lebih dikenal menggunakan master dan slave.

8. Power Conector

Merupakan komponen yg masih ada pada harddisk yg berfungsi menjadi sumber arus listrik yg dikirim eksklusif berdasarkan power suply.

Demikianlah pembahasan materi tentang Pengertian Harddisk, Fungsi dan Bagian-Bagian Harddisk Pada Komputer. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.