Pengertian Monitor, Fungsi dan Jenis-Jenis Monitor Pada Komputer | Favorite Computer

Pengertian, Fungsi dan Macam-Macam Monitor.Dalam suatu sistem komputer terdapat alat yang bernama monitor. Monitor merupakan salah satu perangkat yang sangat penting peranannya pada komputer. Tentunya, baik itu pengguna ataupun bukan pasti sudah mengenal pada benda yang satu ini. Akan tetapi mungkin dari sekian pembaca ada juga yang belum mengenal monitor hehe  . Baiklah, pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan tentang Pengertian Monitor, Fungsi Monitor dan Macam-Macam Monitor Pada Komputer.

Pengertian Monitor

Monitor adalah salah satu perangkat keras komputer yang termasuk kedalam alat output sebagai pengoladata dari CPU yang ditampilkan dalam bentuk grafis baik itu gambar, text  ataupun video secara visual.

Monitor adalah sebuah perangkat output penyusun pada sistem personal komputer dan suatu personal komputer tidak dapat dipakai bila monitor nir terdapat. Itulah alasan mengapa sebuah monitor mempunyai peran yang sangat krusial pada suatu personal komputer .

Layar monitor memiliki beberapa jenis berukuran dan resolusi dalam menampilkan gambar atau grafis. Beberapa antara lain buat berukuran 17 inci mempunyai resolusi 1024x768, berukuran 19 inci resolusinya 1280x1024, buat berukuran 21 inci resolusinya 1600x1200 . Ukuran pada inci merupakan ukuran layar monitor secara diagonal. Sedangkan resolusi dalam monitor sendiri dapat diartikan lebar pixel & tinggi pixel pada layar monitor.

Fungsi Monitor

Dari penerangan diatas maka bisa disimpulkan fungsi berdasarkan sebuah monitor yaitu menjadi indera buat output (keluaran) menampilkan output pemrosesan data-data dari memori komputer atau central processing unit berupa biner. Data-data tadi diubah sebagai bahasa manusia & ditampilkan ke layar monitor sehingga dapat dibaca & dimengerti sang insan.

Nah, disinilah sebenarnya peran sebuah monitor dalam personal komputer . Yaitu mengganti data digital sebagai data visual dimana pengguna dapat mengetahui apa yang sedang dioperasikannya pada komputer.

Jenis-Jenis Monitor

1. Chatode Ray Tube (CRT)

Monitor Jenis CRT

Chatode Ray Tube (CRT) merupakan jenis monitor tua yg acapkali kita jumpai dalam personal komputer lama . Monitor CRT acapkali juga diklaim monitor tabung, lantaran bentuknya yang besar . Selain itu, terdapat juga yang menyebutnya monitor konveks karena layarnya yg berbentuk cembung (nir datar).

Monitor jenis ini dirancang berdasarkan bahan tabung hampa sebagai layarnya dengan menggunakan media sinar tabung katoda. Jenis monitor CRT ini telah jarang digunakan & mulai ditinggalkan mengingat sudah munculnya monitor-monitor menggunakan teknologi baru yang kualitas & kemampuanya jauh lebih baik, misalnya LCD & Plasma

2. LCD (Liquid Crystal Display)

monitor jenis lcd

Setelah era monitor jenis CRT tumbang, maka teknologi monitor berikutnya merupakan LCD. LCD merupakan sebuah monitor yg disusun menggunakan memanfaatkan cairan kristal sebagai akibatnya menampilkan gambar yg jernih dibandingkan dengan monitor CRT.

Keunggulan berdasarkan monitor LCD adalah tampilan gambar yang jernih & tajam sebagai akibatnya nyaman buat mata pengguna. Selain itu monitor jenis LCD ini mempunyai fisik yang tipis dan yang paling primer merupakan ekonomis daya.

Adapun kekurangan berdasarkan monitor LCD ini, diantaranya layar lebih sensitive, viewing angels terbatas dan colour depth yang terbatas pula. Selain itu harga berdasarkan monitor LCD lebih mahal bila dibandingkan menggunakan monitor CRT.

3. LED (Light Emiting Diode)

monitor jenis led

LED merupakan pengembangan dari LCD dimana memiliki imbas display peningkatan dalam rona yang ditampilkan yaitu mempunyai kualitas & variasi rona yang lebih poly.

Baca juga :Pengertian LAN Card, Fungsi Serta Jenis-Jenis LAN Card

Ada berbagai macam fitur dan fungsi yang lebih sophisticated dibandingkan dengan monitor-monitor sebelumnya, misalnya adanya teknologi touch screen, penghematan asal daya listrik sebesar 70% berdasarkan LCD, pixel yg lebih tajam, usia penggunaan yg panjang serta lebih slim daripada monitor jenis LCD. Kekurangan menurut LED ini merupakan harga yg mahal serta sensitivitas yg tinggi.

4. Plasma

monitor jenis plasma

Tipe monitor yang berikutnya adalah monitor jenis plasma. Monitor jenis ini berusaha menggabungkan antara CRT & LCD. Kualitas gambar dalam monitor plasma sebaik LCD dengan sudut penglihatan CRT yg luas. Sehingga membentuk sebuah monitor ramping yang bisa dicermati menurut berbagai sudut pandang.

Jenis monitor ini masih jarang digunakan sang pengguna personal komputer karena harganya yang relatif tinggi, konsumsi daya yg akbar & suhu yg tinggi waktu dipakai serta pitch pixel yg besar .

Lima. OLED (Organic Light-Emiting Diode)

monitor jenis oled

Monitor OLED atau Organic Light Emiting Diode adalah sebuah semikonduktor pemancar cahaya yg dibuat berdasarkan lapisan organik. Kecanggihan teknologi pada monitor OLED yaitu monitor lebih fleksibel dengan ketipisan yg kurang berdasarkan 1mm.

Meskipun mempunyai teknologi yang sophisticated, monitor OLED masih sporadis dipakai sang pengguna personal komputer pada umumnya. Hal ini disebabkan lantaran harga yang mahal. Tetapi monitor OLED banyak digunakan dalam teknologi smartphone keluaran modern dimana layar pixel didukung 16 juta warna & menghasilkan gambar yang jernih dan tajam.