Pengertian RAM, Fungsi dan Jenis-Jenis RAM | Favorite Computer

Pengertian RAM, Fungsi dan Jenis-Jenis RAM. RAM kepanjangan dari Random Access Memory. Pengertian RAM sendiri adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara pada komputer. Ini artinya RAM hanya bekerja pada saat komputer dihidupkan dan jika komputer telah mati maka data akan dikosongkan kembali.

RAM sering disebut juga modul memori. RAM adalah salah satu perangkat atau komponen komputer yang sangat penting. Selain membantu kinerja prosessor dalam mengeksekusi program, RAM juga berfungsi untuk mempercepat akses penggunaan komputer atau pun laptop. Semakin besar kapasitas RAM maka akan semakin cepat pula  akses komputer atau laptop tersebut.

Baca juga :cara membuat facebook melalui hp android

RAM mempunyai dua bagian utama, yaitu :

1. PCB ( Printed Circuit Board)

PCB adalah papan yg terdiri menurut beberapa layer, yg pada setiap lapisan layernya masih ada jalur buat mengalirkan data ataupun buat mengalirkan arus listrik.

2. Contact Point

Contact Point merupakan bagian yang terdapat dalam RAM yang berfungsi menjadi konektor ke Mainboard yg terdiri berdasarkan beberapa titik & dibatasi oleh satu atau dua butir lekukan yang biasa disebut NOTCH.

Fungsi RAM

RAM memiliki beberapa fungsi diantaranya yaitu :

1. Menyimpan Data Sementara

Fungsi RAM sebenarnya telah tergambar pada pengertian RAM itu sendiri yaitu sebagai alat menyimpan data sementara dalam menyimpan program atau data yang diakses  dan ini merupakan fungsi paling utama pada RAM.

Cara kerja pada RAM merupakan saat pelaksanaan dibuka/dijalankan maka pelaksanaan yang dibuka tersebut akan mengirimkan berita yg akan disimpan di RAM. Kemudian RAM akan meneruskan informasinya ke CPU (Central Processing Unit) & CPU tadi akan memproses data yang ada pada RAM.

2. Mempercepat Kinerja Komputer

Seperti yang sudah kita ketahui beserta, semakin akbar kapasitas pada RAM maka semakin cepat juga pemrosesan data yang dilakukan sang CPU. Maka kecepatan suatu sistem personal komputer sangat dipengaruhi sang besarnya kapasitas RAM.

Apabila kapasitas RAM yg dimiliki berkapasitas mini , maka kecepatan kinerja komputer pun akan lambat atau lemot. Hal ini terjadi karena keterbatasan kemampuan dalam RAM itu sendiri.

Tiga. Penggunaan Multitasking pada Komputer.

Pengertian multitasking adalah penggunaan komputer dimana kita bisa membuka atau mengerjakan pelaksanaan dalam satu saat secara bersamaan. Ram sendiri berfungsi membantu buat mendukung penggunaan multitasking pada komputer.

Semakin akbar kapasitas RAM yg kita miliki, maka semakin baik jua personal komputer melakukan multitasking & komputer akan terhindar berdasarkan hang akibat membuka beberapa program secara bersamaan.

Jenis-jenis RAM

Saat ini sudah sudah tersebar begitu poly jenis RAM dengan kapasitas dan kecepatan akses data yg bhineka. Mulai dari yang namanya DRAM, SDRAM, RDRAM, SRAM, EDORAM, FPM DRAM RAM, & masih ada lagi.

Berikut merupakan penerangan mengenai jenis-jenis RAM

1. SRAM (Static Random Access Memory)

SRAM adalah jenis memory yg termasuk kedalam jenis tidak aktif, yang mempunyai sifat semivolatile. SRAM digunakan buat membantu kinerja komputer pada kecepatan proses dan nir memerlukan operasi daya refresh. Dalam pembuatan SRAM menggunakan teknologi CMOS.

2. DRAM (Dynamic Random Access Memory)

DRAM merupakan jenis memori semikonduktor yang memerlukan kapasitor menjadi tumpuan. DRAM mempunyai kecepatan lebih tinggi dari EDO RAM dan lebih rendah dibandingkan dengan SRAM.

DRAM memakai satu transistor & kapasitor dalam strukturnya. DRAM mempunyai frekuensi yg bhineka yaitu antara 4,7 Mhz sampai 40 Mhz.

Tiga. SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory)

SDRAM merupakan jenis RAM yg mempunyai kecepatan relatif tinggi yaitu dengan kecepatan 100-133 Mhz. Jenis RAM ini tak jarang digunakan antara tahun 1996 sampai 2003 dan dipakai buat generasi pentium 1, dua & 3. SDRAM mempunyai 168 pin transfer data.

4. RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)

Diperkenalkan dalam tahun 1995. RAM ini awalnya dikembangkan buat komputer generasi pentium 4 atau sanggup pula buat komputer gaming. Pada tahun 1997 kecepatan RDRAM meningkat hingga 700 MBps dan pada tahun 1998 kecepatan meningkat sebagai 1,6 GBps. RDRAM memiliki slot 1,6 pin.

5. EDO RAM ( Extended Data Output Random Access Memory)

EDO RAM merupakan jenis RAM yg banyak digunakan dalam komputer generasi pertama. EDORAM memiliki kapasitas memory 8 Mb hingga 16 Mb dengan kecepatan clock 50 MHz. Jumlah pin pasa EDORAM merupakan 72 pin/kaki.

6. DDR SDRAM (Double Date Rate SDRAM)

Adalah jenis RAM yg paling poly dipakai saat. DDR SDRAM memiliki kecepatan dan akses yg tinggi diantara jenis-jenis RAM lainnya. Pada memori ini mempunyai 184 pin/kaki & RAM jenis ini juga sanggup menjalankan 2 instruksi sekaligus pada waktu yang bersamaan.

Jenis-jenis RAM seperti DDR2 RAM hingga DDR3 RAM adalah pengembangan berdasarkan DDR SDRAM. Kedua jenis RAM diatas adalah RAM yang paling banyak dipakai dalam saat ini. Untuk kapsitas memory pun relatif akbar hingga 4Gb per chipnya.

Demikianlah pembahasan singkat materi tentang Pengertian RAM, Fungsi & Jenis-Jenis RAM. Semoga artikel ini dapat berguna bagi para pembaca seluruh dan ingat buat membagikan artikel ini menggunakan mengklik tombol share. Terima kasih.