Pengertian Sistem, Karakteristik, Elemen dan Klasifikasi Sistem | Favorite Computer

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli. Menurut Al-Bahra Bin Ladjamudin, dalam mendefinisikan sistem terdapat dua kelompok pendekatan sistem yaitu sistem yang lebih menekankan pada prosedur dan elemennya. Pengertian sistem dengan pendekatan prosedur yaitu suatu urutan kegiatan yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu.

pengertian sistem

Urutan aktivitas digunakan buat menjelaskan apa (what) yang wajib dikerjakan, serta berapa banyak kuantitas pekerjaan tersebut, siapa (who) yang mengerjakannya, kapan (when) dikerjakan & bagaimana (how) mengerjakannya.

Pemahaman sistem menggunakan pendekatan komponen atau elemen, yaitu kumpulan komponen yg saling berkaitan dan bekerjasama buat mencapai suatu tujuan eksklusif. Suatu sistem bisa terdiri dari beberapa subsistem. Subsistem-subsistem tersebut bisa pula terdiri berdasarkan beberapa subsistem yg yang lebih mini .

Pada dasarnya, Abdul Kadir berpendapat bahwa pengertian sistem adalah sekumpulan elemen yang saling terkait atau terpadu yang dimaksudkan untuk mencapai suatu tujuan. Sebagai gambaran, jika dalam sebuah sistem terdapat elemen yang tidak memberikan manfaat dalam mencapai tujuan yang sama, maka elemen tersebut dapat dipastikan bukanlah bagian dari sistem.

Dengan demikian definisi ini akan mempunyai peranan yang sangat krusial pada melakukan pendekatan terhadap sistem yang akan dianalisis. Pendekatan sistem yang lebih menekankan pada komponen akan lebih gampang dipelajari untuk analisis & rancangan sistem.

Karakteristik Sistem

Istilah sistem bukanlah hal yg asing bagi kebanyakan orang. Menurut [Lad05], suatu sistem adalah jaringan kerja menurut mekanisme-prosedur yang saling berafiliasi, berkumpul beserta-sama buat melakukan suatu kegiatan buat merampungkan target eksklusif.

Suatu sistem memiliki karakteristik atau sifat-sifat yg tertentu yaitu mempunyai komponen-komponen, batas sistem, lingkungan luar sistem, penghubung, masukan, keluaran, pengolah & sasaran atau tujuan.

A. Komponen sistem

Suatu sistem terdiri berdasarkan sejumlah komponen yg saling berinteraksi artinya saling berafiliasi membentuk suatu kesatuan. Komponen-komponen sistem atau elemen-elemen sistem bisa berupa suatu subsistem atau bagian-bagian dari sistem.

B. Batasan Sistem

Batas sistem adalah wilayah yang membatasi antara suatu sistem menggunakan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya. Batas sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang menjadi suatu kesatuan & menunjukkan ruang lingkup berdasarkan sistem tadi.

C. Lingkungan Luar Sistem

Lingkungan luar dari suatu sistem merupakan hal apapun diluar batas berdasarkan sistem yang menghipnotis operasi sistem. Lingkungan luar sistem dapat bersifat menguntungkan & juga merugikan. Lingkungan luar yg menguntungkan merupakan energi dari sistem & menggunakan demikian harus permanen dijaga & dipelihara. Sedangkan lingkungan luar yang merugikan wajib ditahan dan dikendalikan, bila nir maka akan mengganggu kelangsungan hayati berdasarkan sistem.

D. Penghubung Sistem

Penghubung merupakan media yg menghubungkan antara satu subsistem menggunakan subsistem yang lainnya. Melalui penghubung ini memungkinkan sumber-sumber data mengalir dari satu subsistem ke subsistem lainnya.

E. Masukan Sistem

Masukan sistem adalah tenaga yang dimasukan ke dalam sistem. Masukan bisa berupa masukan perawatan & masukan signal maintenance input adalah energi yang dimasukan agar sistem tersebut dapat berjalan. Signal input merupakan energi yg diproses buat menerima keluaran dari sistem.

F. Keluaran Sistem

Keluaran sistem merupakan tenaga yang diolah & diklasifikasikan sebagai keluaran yang bermanfaat. Keluaran dapat merupakan masukan buat subsistem yang lain.

G. Pengolahan Sistem

Suatu sistem dapat mempunyai suatu bagian pengolah atau sistem itu sendiri menjadi pengolahnya. Pengolah yg akan merubah masukan menjadi keluaran.

H. Sasaran Sistem

Suatu sistem mempunyai tujuan & target. Kalau sistem tidak mempunyai sasaran maka sistem nir akan ada. Suatu sistem dikatakan berhasil bila tentang sasaran dan tujuannya. Sasaran sangat berpengaruh dalam masukan dan keluaran yang dihasilkan.

Elemen Sistem

Pada dasarnya, jika dalam sebuah sistem masih ada elemen yang tidak menaruh manfaat dalam mencapai tujuan yg sama, maka elemen tadi dapat dipastikan bukanlah bagian menurut sistem.

Baca Juga :Pengertian Sistem Informasi

Ada beberapa elemen yg membentuk sebuah sistem dari Abdul Kadir yaitu tujuan, masukan, proses, keluaran, mekanisme pengendalian, & umpan kembali.

A. Tujuan

Setiap sistem informasi memiliki suatu tujuan, tetapi dengan tujuan yang berbeda-bedA. Tujuan utama yang umum ada tiga macam yaitu:

  1. Untuk mendukung fungsi kepengurusan manajemen.
  2. Untuk mendukung pengambilan keputusan manajemen.
  3. Untuk mendukung kegiatan operasi perusahaan.
Secara lebih spesifik, tujuan sistem informasi bergantung pada kegiatan yang ditangani. Namun, kecenderungan penggunaan sistem informasi lebih ditujukan pada usaha menuju keunggulan kompetitif.

B. Masukan

Masukan sistem adalah segala sesuatu yang masuk ke pada sistem dan selanjutnya menjadi bahan buat diproses. Masukan bisa berupa hal-hal berwujud (tampak secara fisik) maupun yg tidak tampak.

C.Proses

Proses merupakan bagian yang melakukan perubahan atau transformasi berdasarkan masukan menjadi keluaran yang berguna.

D. Keluaran

Keluaran adalah hasil menurut pemrosesan. Pada sistem fakta, keluaran bisa berupa suatu warta, saran, cetak laporan, dan sebagainya.

E. Mekanisme Pengendalian

Mekanisme pengendalian diwujudkan menggunakan memakai umpan pulang yang mencuplik keluaran.

F. Umpan Balik

Umpan balik dipakai buat mengendalikan baik masukan & proses. Tujuannya merupakan buat mengatur agar sistem berjalan sinkron menggunakan tujuan.

Klasifikasi Sistem

Menurut Al-Bahra bin Ladjamudin, Sistem adalah suatu bentuk integrasi antara satu komponen menggunakan komponen lainnya, karena sistem mempunyai sasaran yg tidak sama untuk setiap kasus yg terjadi yang ada didalam sistem tersebut.

Oleh karenanya, sistem dapat diklasifikasikan ke pada beberapa sudut pandang, seperti sistem yg bersifat abstrak & fisik, sistem alamiah & protesis manusia, sistem tertentu dan tak tentu, & sistem yg bersifat terbuka dan tertutup. Adapun penjelasan lebih lebih jelasnya & rinci akan dipaparkan dibawah ini :

a. Sistem Abstrak & Sistem Fisik

Sistem abstrak merupakan sistem yg berupa pemikiran atau pandangan baru-ide yg tidak tampak secara fisik. Sedangkan sistem fisik merupakan sistem yg terdapat secara fisik.

B. Sistem Alamiah dan Sistem Buatan Manusia.

Sistem alamiah merupakan sistem yg terjadi karena proses alam nir dibuat sang manusia (ditentukan dan tunduk pada kehendak sang pencipta alam). Sedangkan sistem protesis manusia adalah sistem yg dirancang oleh insan.

C. Sistem Tertentu (deterministic system) dan Sistem Tak Tentu (probabilistic system).

Sistem tertentu beroperasi dengan tingkah laris yg sudah bisa diprediksi. Sistem tertentu relatif stabil atau konstan pada jangka saat yg usang. Sedangkan sistem tak tentu adalah sistem yang kondisi masa depannya nir bisa diprediksi karena mengandung unsur probabilitas.

D. Sistem Tertutup & Sistem Terbuka.

Sistem tertutup merupakan sistem yg nir berhubungan dan tidak terpengaruh menggunakan lingkungan luarnya. Sistem ini bekerja secara otomatis tanpa adanya turut campur tangan dari pihak luarnya. Sedangkan sistem terbuka merupakan sistem yang berafiliasi & terpengaruh menggunakan lingkungan luarnya. Sistem ini mendapat masukan & membentuk keluaran buat lingkungan luar atau subsistem yg lain.