Sejarah Internet dan Pengertian Internet | Favorite Computer

Sejarah Internet. Sejalan dengan perubahan waktu, pada saat ini telah dilakukan usaha-usaha yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia dengan memanfaatkan dan mengoperasikan sistem informasi yang berbasiskan komputer. Sistem informasi ini tidak lepas dari sejarah perkembangan komputer. Dengan berkembangnya zaman juga, keperluan untuk memperoleh informasi semakin penting, sehingga diperlukan teknologi agar informasi yang diperoleh dapat diterima dengan cepat.

Nah, Internet sebagai salah satu bagian terpenting dalam sejarah perkembangan teknologi komunukasi & liputan. Internet pada masa kini ini sudah menjadi kebutuhan hayati insan yang tak mampu lepas setiap harinya. Dulu internet hanya dipakai oleh orang-orang penting misalnya para pejabat & para pengusaha dalam menjalankan roda bisnisnya, akan namun sekarang internet dapat dinikmati sang seluruh lapisan rakyat seperti anak-anak, remaja, dewasa bahkan sampai orang tua sekalipun bisa memakai internet.

pengertian dan sejarah internet

Tapi dibalik seluruh itu, tahukah anda tentang Pengertian Internet? Atau apakah anda mengetahui tentang Sejarah Internet? Pasti banyak menurut anda pembaca semua yang belum mengetahui tentang pengertian & sejarah dari internet. Untuk itu, aku akan bahas tentang pengertian internet dan sejarah perkembangan menurut internet itu sendiri.

Pengertian Internet

Internet (Interconection Networking) adalah sekumpulan jaringan personal komputer yang terdapat pada seluruh dunia yg saling berafiliasi satu sama lain dengan menggunakan standar protokol TCP/IP sehingga dapat saling berkomunikasi, bertukar liputan dan lain-lain. Dalam melakukan pengiriman data, internet bekerja menggunakan donasi saltelit dan line telepon.

Baca Juga :Sejarah Perkembangan Komputer Dari Generasi I - V (Lengkap)

Syarat agar sanggup terhubung dengan internet maka wajib disediakan kelengkapan menjadi berikut :

•    PC atau laptop, bisa juga menggunakan komputer tablet, smart phone atau handphone yang telag dilengkapi dengan WAP (Wireless Application Protocol)

•    Modem, disini kita bisa menggunakan modem internal maupun modem eksternal.

•    Sambungan telepon atau bisa juga dengan provider seluler.

•    ISP (Internet Service Provider) yaitu perusahaan yang menyediakan jasa internet.

Sejarah Perkembangan Internet

Sejarah internet bermula pada akhir dasa warsa 60-an tepatnya ditahun 1969 dimana waktu itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat atau United States Departement of Defence melalui proyek ARPA yg diklaim menggunakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) dimana mereka mendemonstrasikan bagaimana antara hardware dan software komputer yg berbasis UNIX dapat melakukan komunikasi jarak jauh melalui saluran telepon.

Pada awalnya ARPANET dibentuk untuk keperluan militer saja menggunakan tujuan buat menghancurkan nuklir & mempercepat pada pengiriman informasi. Pada bulan Oktober 1972, ARPANET diperkenalkan secara umum dan proyek ini berkembang diseluruh wilayah Amerika Serikat, dan seluruh universitas di negara tadi ingin bergabung, sehingga ARPANET kesulitan buat mengaturnya.

ARPANET dibagi sebagai yaitu MILNET buat keperluan militer dan ARPANET buat keperluan non militer seperti universitas. Gabungan ke 2 jaringan akhirnya dikenal DARPA yg kemudian disederhanakan sebagai internet.

Perkembangan internet semakin hari semakin sophisticated saja menggunakan ditunjang perlatan teknologi komunikasi yg semakin sophisticated juga. Dengan internet akan mempermudah seseorang buat mengirimkan pesan tulisan, gambar, audio, file audio visual atau bentuk yang lainnya. Internet zaman kini sudah sebagai gaya hidup sebagian rakyat didunia. Namun perlu diingat, internet hanyalah dunia maya. Kita sebagai insan wajib tetap membina interaksi antar insan didunia konkret. Gunakanlah internet sebijak mungkin, jauhkan sifat anti-sosial dalam diri kita yg hanya mengandalkan kecanggihan dari internet.