Sejarah Perkembangan Komputer Dari Generasi I - V (Lengkap) | Favorite Computer

Sejarah Komputer. Siapa yang tidak mengenal komputer? Saya rasa hampir semua orang telah mengenal dan akrab dengan alat canggih yang satu ini. Hampir di setiap sekolah, kantor bahkan rumah kita dapat temui dengan alat yang namanya komputer. Namun tahukah Anda tentang sejarah asal mula dari komputer. Bagaimana sejarah perkembangan komputer dari waktu ke waktu. Tentunya masih banyak orang yang awam tentang sejarah komputer. Disini Saya akan bahas tentang sejarah perkembangan komputer dari generasi pertama sampai generasi kelima

sejarah perkembangan komputer
image by fullformbuchet.Com

Seiring dengan perkembangan zaman, sampai sampai waktu ini perkembangan personal komputer tak terbendung lagi. Komputer sendiri mempunyai definisi suatu alat yg terdiri berdasarkan alat input, indera proses dan indera hasil yang bekerja sinkron perintah buat tujuan tertentu.

Menurut beberapa sumber, personal komputer pertama kali diciptakan sang seseorang yg bernama Charles Babbage. Berawal menurut penemuannya, beliau membentuk suatu indera hitung sederhana yang merupakan cikal bakal adanya komputer sampai saat ini. Berkat penemuannya tersebut, mengakibatkan Charles Babbage sebagai orang yang sangat berpengaruh pada sejarah perkembangan personal komputer .

Baca Juga :Sejarah Internet dan Pengertian Internet

Dari penemuan tersebut, Charles Babbage memberi nama indera tadi Difference Engine no 1. Difference Engine no 1 adalah kalkulator otomatis pertama yang memudahkan dalam pekerjaan perhitungan. Pada saat itu, inovasi Charles Babbage merupakan inovasi yg fenomenal pada global yg menaruh imbas besar terhadap sejarah perkembangan personal komputer sampai kini . Atas penemuannya tadi Charles pun dinobatkan menjadi Bapak Komputer atau orang yang menemukan komputer.

Sejarah Awal Komputer

Berdasarkan sejarah perkembangannya, komputer dibagi kedalam lima generasi. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak penjelasan dari kelima generasi komputer tersebut.

1. Komputer Generasi Pertama

Pada personal komputer generasi pertama bernama ENIAC.ENIAC merupakan kepanjangan dari Electronic Numerical Integrator and Computer. ENIAC merupakan personal komputer pertama yg diciptakan di dunia. Komputer ini memiliki berat sekitar 30 ton, panjang 30 meter & tinggi dua,4 meter. Sedangkan daya listrik yg diperlukan komputer ini adalah 174 kilowatt. Pada personal komputer generasi pertama ini terdiri berdasarkan 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor & lima juta titik solder.

Eniac
Komputer Generasi Pertama ENIAC

Image by www.en.wikipedia.org Bisa Anda bayangkan betapa rumitnya pembuatan komputer generasi pertama ini. Selain memiliki bobot yang berat, komputer ini juga  harus memiliki ruang yang cukup besar untuk menyimpannya.

Dalam perkembangannya, komputer generasi pertama ini memiliki karakter menjadi berikut

  1. Pada komputer generasi pertama masih banyak mengeluarkan panas, sehingga dibutuhkan banyak pendingin.
  2. Komponen elektronika yang digunakan pada komputer ini menggunakan tabung hampa udara (vacum tube).
  3. Program dibuat dengan menggunakan Bahasa Mesin (Machine Language) dengan menggunakan kode angka 0 dan 1, yang tersimpan didalam memori komputer.
  4. Untuk menyalakan komputer membutuhkan daya listrik yang besar yaitu kurang lebih 174 kW.
  5. Kapasitas penyimpanan data sangat kecil.
  6. Proses pengoperasian komputer relatif lambat.
  7. Mempunyai kapasitas yang besar sehingga membutuhkan ruangan yang besar pula untuk menyimpannya.
  8. Berorientasi pada aplikasi bisnis.
  9. Menggunakan sistem luar magnetic tape dan magnetic disk.
Dua. Komputer Generasi Kedua

Pada tahun 1948, penemuan transistor mempengaruhi dalam perkembangan komputer. Dengan penemuan transistor ini menggantikan peran tube vakum pada televisi, radio dan komputer. Sehingga ukuran alat elektro berkurang drastis.

Penggunaan transistor didalam personal komputer mulai tahun 1956. Penemuan lain yg berupa memori inti magnetik, membantu pengembangan komputer generasi kedua ini memiliki berukuran lebih kecil, lebih cepat, lebih ekonomis tenaga & lebih bisa diandalkan dibandingkan penedahulunya generasi personal komputer pertama.

Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. Pada personal komputer generasi kedua tidak lagi memakai bahasa mesin tetapi diganti menggunakan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang terdiri menurut singkatan-singkatan buat menggantikan kode biner (nomor 0 dan 1).

Pada athun baru 1960-an, komputer generasi ke 2 mulai bermunculan dan poly digunakan bidang bisnis, universitas & pemerintahan. Pada personal komputer generasi ke 2 sepenuhnya memakai transistor. Adapun komponen-komponen yang bisa diasosiasikan dengan komputer dalam ketika ini seperti printer, penyimpanan data dalam disket, memory, sistem operasi & acara aplikasi.

Dalam perkembangannya, komputer generasi ke 2 ini memiliki ciri-ciri menjadi berikut :

  1. Bahasa pemrograman tidak lagi menggunakan bahasa mesin yang rumit, tetapi diganti dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh manusia seperti COBOL, FORTRAN, ALGOL
  2. Sirkuit terbuat dari transistor
  3. Ukuran lebih kecil dibandingkan generasi pertama.
  4. Kapasitas memori penyimpan data lumayan besar.
  5. Tidak membutuhkan daya listrik yang besar.
  6. Berorientasi pada bisnis.
  7. Pengoperasian komputer sudah cepat.

3. Komputer Generasi Ketiga

Pada generasi sebelumnya, hampir seluruh personal komputer memakai transistor. Penggunaan Transistor memang sanggup mengungguli tube vakum, tetapi penggunaan transistor dapat menghasilkan suhu panas yg relatif besar , sebagai akibatnya berpotensi merusak bagian-bagian komputer.

Pada tahun 1958, Jack Kilby seseorang insinyur di Texas Instrumen berbagi sirkuit terintegrasi (Integrated Circuit / IC). IC mengkombinasikan 3 komponen elektronik dalam sebuah silikon piringan kecil yg terbuat menurut pasir kuarsa. Pengembangan IC yang terbuat menurut pasir kuarsa bisa menangani masalah dalam suhu panas.

Para ilmuwan lalu berhasil memasukan lebih banyak komponen ke dalam suatu chip tunggal yg diklaim semikonduktor. Hasil berdasarkan inovasi para ilmuwan tadi membuat berukuran personal komputer sebagai lebih kecil lantaran komponen-komponen bisa dipadatkan kedalam sebuah chip.

Kemajuan lainnya menurut personal komputer generasi ketiga adalah dalam penggunaan sistem operasi atau operating system. Yaitu memungkinkan mesin bekerja buat menjalankan acara yang tidak sama dalam ketika yg bersamaan dengan sebuah program primer yg bertugas memonitor & mengkoordinasi memori komputer.

4. Generasi Keempat

Pada tahun 1971, pembuatan Chip Intel 4004 membawa kemajuan dalam IC. Yaitu bisa meletakan seluruh komponen menurut komputer ( Central Processing Unit, Memory & kendali inpu/hasil) ke dalam sebuah chip yang ukuran kecil yang kemudian dianggap mikroprosesor. Dengan berkembangnya mikroprosesor memungkinkan orang-orang biasa dapat memakai personal komputer . Dengan demikian komputer tidak hanya dimiliki perusahaan akbar atau forum pemerintahan.

image by byte-note.com
Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer memperkenalkan produk mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini dikenal dengan nama mini komputer yang dijual satu paket dengan perangkat lunak yang mudah digunakan oleh orang awam.

Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan Personal Komputer (PC) untuk penggunaan di tempat kerja, sekolah dan rumah. Pada tahun pertamanya, PC sudah digunakan dua juta unit. Sepuluh tahun lalu nomor tadi melonjak sebagai 65 juta unit. Dalam sejarah perkembangannya, personal komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yg lebih kecil, berdasarkan personal komputer yg berada diatas meja (desktop personal komputer ) sebagai komputer yang dapat dimasukan kedalam tas(laptop), bahkan ada komputer yang bisa digenggam (palmtop).

Pada masa sekarang, kita mengenal bepergian IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU protesis Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini seluruh masuk dalam golongan komputer generasi keempat.

Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, personal komputer -komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan buat saling berbagi memori, piranti lunak, liputan, dan pula buat dapat saling berkomunikasi satu dengan yg lainnya

5. Komputer generasi kelima

image by slideshare.Net

Rencana masa depan personal komputer generasi ke lima merupakan komputer yang sudah mempunyai Artificial Intelligence (AI). Sehingga personal komputer pada masa depan dapat menaruh respon atas cita-cita manusia.

Ciri ciri komputer generasi kelima adalh menjadi berikut :

Komputer generasi ini masih pada tahap pengembangan dan pemakainya belum poly. Pengembangan komputer genarasi ini dipelopori oleh negara Jepang. Komponen elektronikanya memakai bentuk paling baru dari chip VLSI Program dibentuk pada bahasa PROLOG (Programming Logic) & LISP (List Processor) Komputer generasi kelima difokuskan kepada AI (Artificial Inteligence / Kecerdasan Buatan), yaitu sesuatu yg herbi penggunaan komputer buat melaksanakan tugas-tugas yang merupakan analog tingkah laku insan.

Ciri dari komputer generasi kelima merupakan :

  1. Dapat membantu menyusun program untuk dirinya sendiri
  2. Dapat menerjemahkan dari suatu bahasa ke bahasa lain
  3. Dapat membuat pertimbangan-pertimbangan logis
  4. Dapat mendengar kalimat perintah yang diucapkan serta melaksanakannya
  5. Dapat memilih setumpuk fakta serta menggunakan fakta yang diperlukan
  6. Dapat mengolah gambar-gambar dan grafik dengan cara yang sama dengan mengolah kata, misalnya dapat melihat serta mengerti sebuah foto.

Demikianlah sejarah perkembangan komputer dari generasi pertama sampai sekarang generasi kelima. Sangat dimungkinkan dimasa yang akan datang akan muncul generasi terkini dari sejarah perkembangan komputer, hal ini dikarenakan semakin pesatnya perkembangan teknologi komputer berdasarkan saat ke saat.